Sukses

Awas, 4 Kelompok Ini Rentan Terkena Masalah Serius Saat Flu

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, gejala flu seperti demam, sakit tenggorokan, atau menggigil, akan pulih dalam waktu kurang dari dua minggu. Namun, pada beberapa orang, penyakit ini bisa menjadi masalah yang lebih serius seperti pneumonia atau bronkitis.

Selain itu, orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti asma atau penyakit jantung juga rentan mengalami flu yang lebih buruk.

Dilansir dari Prevention pada Minggu (13/10/2019), setidaknya ada empat kelompok yang berisiko mengalami komplikasi akibat flu. Karena itu, penting bagi mereka untuk mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit tersebut.

1. Orang dengan Masalah Kesehatan Kronis atau Sistem Kekebalan Lemah

Orang-orang dengan kondisi kesehatan seperti asma, penyakit jantung, diabetes, gangguan darah, masalah hati dan ginjal, penyakit paru obstruktif kronis, serta penyakit yang menyebabkan kekebalan menurun seperti HIV/AIDS dan leukemia lebih rentan mengalami komplikasi terkait flu.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa masalah yang bisa muncul antara lain pneumonia, bronkitis, serta infeksi sinus dan kronis.

Donna Casey, dokter spesialis penyakit dalam di Texas Health Presbyterian Hospital Dallas, Amerika Serikat mengatakan, ketika tubuh berhadapan dengan masalah kesehatan kronis, sistem kekebalan tubuh menjadi kelebihan beban. Karena kerja lebih itu, lebih sedikit juga sumber daya yang tersedia untuk melawan infeksi flu.

2 dari 4 halaman

Orang Usia Lanjut

2. Orang Dewasa di Atas 50 Tahun

Casey mengatakan bahwa seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sulit melawan kuman dan Anda jadi lebih berpotensi mengalami masalah kesehatan yang lebih kronis.

"Ini meningkatkan kerentanan terkena flu dan mengembangkan komplikasi speerti bronkitis, pneumonia, atau infeksi bakteri sekunder di atas virus flu," kata Casey.

Maka dari itu, bagi Anda yang sudah berusia di atas 50 tahun, disarankan untuk melakukan vaksinasi influenza.

3 dari 4 halaman

Anak dan Ibu Hamil

3. Anak-Anak

Pada anak di bawah lima dan dua tahun, flu sangat rentan menimbulkan masalah dibandingkan orang dewasa. Hal tersebut karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang dan belum cukup mampu melawan infeksi.

CDC menyatakan, flu bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti pneumonia hingga infeksi otak ensefalopati, serta menimbulkan dehidrasi.

4. Wanita Hamil

CDC menyatakan bahwa kehamilan menyebabkan perubahan pada sistem kekebalan, jantung, dan paru-paru, sehingga ibu menjadi lebih rentan terhadap komplikasi terkait flu.

Bahkan, American Pregnancy Association mencatat bahwa infeksi serius berpotensi meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, atau berat lahir rendah. Maka dari itu, ibu hamil harus menjaga diri agar benar-benar terhindar dari penyakit ini.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Traveller Sehat Tidak Butuh Vaksin Flu?
Artikel Selanjutnya
Perlu Tahu, Beda Gejala Influenza dan Selesma