Sukses

3 Cara Atasi Mendengkur yang Menganggu Teman Seranjang

Beberapa solusi guna mengatasi masalah mendengkur

Liputan6.com, Jakarta Tidur dengan kebiasaan mendengkur membuat malam Anda tidak nyaman. Terlebih bagi orang yang tidur sekamar dengan Anda.

Terganggu oleh suara dengkuran bisa membuat pasangan jadi menderita, yang mengakibatkan mereka kurang tidur. Kondisi ini bisa berdampak pada hubungan Anda. Bisa jadi pasangan Anda memilih untuk tidur di kamar lain.

Dilansir dari laman KlikDokter pada Selasa, 1 Oktober 2019, mendengkur atau ngorok merupakan dampak dari penyempitnya jaringan tenggorokan yang mengakibatkan saluran pernapasan menjadi tersumbat. Memang kondisi ini tidak begitu menghawatirkan. Namun, kondisi ini dapat menjadi berbahaya jika membuat napas Anda berhenti selama tidur atau yang sering disebut sleep apnea.

Ahli bedah THT Michael Oko merekomendasikan beberapa solusi guna mengatasi masalah mendengkur Anda seperti yang dikutip dari laman Netdoctor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Mengatasi Masalah Mendengkur

1. Menggunakan alat bantu MAD

Secara medis beberapa orang mendengkur akibat lidah yang turun ke belakang tenggorokan ketika mereka tidur. Kondisi ini menciptakan halangan yang membuat jalan napas menjadi bergetar. Oleh sebab itu Oko menawarakan untuk menggunakan alat bantu yang disebut Mandibular Advancement Device (MAD) yang digunakan ketika tidur.

2. Ubah gaya hidup

Gaya hidup juga dapat membawa kebiasaan mendengkur ketika tidur. Guna menghilangkan kebiasaan mendengkur Oko menyarankan untuk menghindari penggunaan obat penenang dan alkohol. Dengan cara tersebut dinilainya dapat membantu sebab bahan- bahan tersebut menyebabkan depresi pernapasan dan membuat mendengkur menjadi lebih dalam serta keras.

3. Obat alergi hidung

Jika Anda mengalami alergi hidung juga bisa menjadi penyebab tidur mendengkur. Jika hidung Anda tersumbat, mulut akan terbuka sehingga menyebabkan suara dengkuran. Guna minimalisir kondisi tersebut Anda perlu mengobatinya dengan kombinasi semprotan steroid nasal topikal dengan antihistamin non- sedasi yang dapat dengan mudah ditemukan di apotek.

Penulis : Eflien Anggelien 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mendengkur adalah salah satu jenis gangguan tidur yang cukup banyak dialami. Penderitanya sendiri bisa jadi tidak merasa terganggu.

    mendengkur

  • ngorok