Sukses

Tingkatkan Keamanan pada Anak, Instagram Luncurkan Panduan untuk Orangtua

Orangtua mungkin memiliki tantangan dalam membesarkan anak-anak mereka di era digital. Berikut panduan bagi orangtua agar anak lebih aman bermain media sosial seperti Instagram.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua pasti memiliki kekhawatiran mengenai keamanan saat sang buah hati bermain media sosial. Terkait hal itu, Instagram meluncurkan panduan bermedia sosial yang aman.

"Orangtua mungkin memiliki tantangan dalam membesarkan anak-anak mereka di era digital. Maka itu kami berusaha untuk meluncurkan berbagai fitur dan sumber informasi bagi orangtua," ucap Kepala Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Ching Yee Wong, di Jakarta ditulis Sabtu (28/9/2019).

Dalam acara yang mengangkat tema Aman di Media Sosial, Instagram bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) secara resmi meluncurkan buku panduan bagi orangtua dalam Bahasa Indonesia.

"Walaupun Instagram sudah menerapkan aturan umur harus di atas 13 tahun, belum banyak orangtua yang bisa memberikan edukasi yang tepat pada anak-anaknya," ucap Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi.

Maka itu, dengan peluncuran panduan ini, Instagram berharap pihaknya dapat meningkatkan keamanan para penggunanya, terutama anak-anak.

Pada buku panduan tersebut, para orangtua bisa belajar mengenai cara bijak menggunakan Instagram yang bisa diterapkan pada anak-anak.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur keamanan

Berikut beberapa fitur keamanan yang ada dalam panduan tersebut:

1. Fitur Pengaturan Privasi

Untuk menjaga privasi, Instagram menyediakan fitur untuk membuat akun menjadi privat dan blokir. Sehingga, orangtua dapat menentukan siapa yang boleh dan tidak melihat unggahan dan berinteraksi dengan sang buah hati.

2. Fitur Pengaturan Interaksi

Fitur ini mengizinkan orangtua untuk mengatur kolom komentar, yang berfungsi untuk menentukan siapa saja yang dapat mengomentari unggahan anak di Instagram. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menyaring kata-kata yang bisa atau tidak ditampilkan pada kolom komentar.

3. Fitur Pengaturan Waktu

Fitur ini berfungsi untuk mengecek waktu yang telah dihabiskan untuk bermain Instagram. Fitur pengingat harian juga bisa digunakan orangtua untuk menentukan berapa lama waktu yang boleh dialokasikan untuk menggunakan Instagram.

"Ketika kita sudah atur satu hari hanya boleh dua jam bermain Instagram, maka nanti ketika sudah melewati batas logo Instagram bisa berubah menjadi hitam putih dan aplikasi tidak bisa dibuka," tambah Putri.

 

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.