Sukses

Dokter Mata Ungkap Cara Atasi Mata Kering

Mulai dari membatasi penggunaan gawai dan layar monitor hingga cukup minum air, ini cara atasi mata kering.

Liputan6.com, Jakarta Mata yang begitu mudah lelah, perih, berair, kemerahan yang periodik, terasa seperti ada yang menjanggal adalah beberapa pertanda bahwa mata kering.

"Mata kering adalah suatu kondisi hilangnya keseimbangan dari komponen air mata yang menyebabkan kualitas dan kuantitas air mata menjadi terganggu," ucap dokter spesialis mata di Dry Eye Center Jakarta Eye Center (JEC) Nina Asrini Noor Rabu (11/9/2019).

Aktivitas dengan atensi visual yang tinggi dalam durasi yang lama, seperti menatap gawai atau layar monitor dapat menjadi faktor penyebab mata kering dan lelah. Jika tidak ditangani dengan segera, mata kering bisa menyebabkan menurunnya kualitas hidup. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mata secara permanen.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menghindarinya. "Kunci pertama adalah atur pola hidup, itu dulu. Kalau pola hidupnya enggak diatur, kita akan kejar-kejaran. Mau kapan sembuhnya kalau begitu?" ucap Nina.

Beberapa pola hidup yang dapat diterapkan antara lain adalah menghindari paparan AC yang terlalu lama atau langsung. Lalu, mengurangi penggunaan monitor atau gawai terlalu lama.

"Begitu pun dengan penggunaan lensa kontak. Sangat dianjurkan untuk mengikuti instruksi dokter mengenai penggunaan dan perawatannya," jelas Nina.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengompres kelopak mata dengan air hangat

Anda bisa mencoba untuk mengompres hangat kelopak mata selama beberapa menit dan menjaga kebersihan di area kelopak mata salah satunya menghapus make-up hingga bersih.

Tak ketinggalan, konsumsi air putih juga harus cukup. Dehidrasi dapat membuat mata menjadi lebih kering.

Apabila kondisi mata kering terus berlanjut, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata untuk menentukan bagaimana penanganan selanjutnya.

"Karena tidak semua mata kering itu sama, tergantung pada lapisan air mata yang terganggu. Sehingga pengobatannya pun bermacam-macam, beda penyebab juga beda penanganan," tutur Nina.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yang ditandai dengan ketidakstabilan produksi dari lapisan air mata.

    Mata Kering

  • Mata