Sukses

8 Gejala Mata Kering yang Sering Diabaikan

Hampir semua manusia mungkin pernah mengalami mata kering. Hanya saja tanda yang muncul seringkali tidak disadari.

Liputan6.com, Jakarta Tanda mata kering sangat mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, hampir semua manusia mungkin pernah mengalami kondisi ini. Hanya saja tanda yang muncul seringkali tidak disadari.

Mata kering adalah suatu kondisi dimana lapisan air mata mengalami ketidakstabilan, yang menyebabkan kualitas dan kuantitas air mata menjadi terganggu.

"Kondisi mata kering dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dan juga disertai oleh berbagai gejala," ucap dokter spesialis mata Nina Asrini Noor, Jakarta Eye Center (JEC) pada Rabu (11/9/2019).

Mata kering yang kronis dapat memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari, dan sebagian besar tidak disadari. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk paparan AC dan penggunaan komputer terlalu lama.

Nina mengungkapkan menurut data JEC tahun 2017, penderita mata kering di Indonesia mencapai 30,6 persen.

"Data ini meningkat setiap tahunnya dan memang kecenderungannya akan semakin meningkat. Salah satunya karena paparan layar smartphone," tambahnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala Mata Kering

Dalam konferensi pers dengan tema 'Kenali Gejala dan Atasi Mata Kering' oleh Combiphar dan JEC, berikut gejala mata kering yang sering tidak disadari:

1. Mata terasa mengganjal

2. Sering muncul kemerahan

3. Mata terasa panas dan berair

4. Mata memiliki sensasi berpasir

5. Mata terasa kering

6. Sering timbul kotoran mata

7. Mata terasa lengket

8. Sering mengucek mata karena efek gatal

"Selain itu gejalanya juga bisa berupa mata yang mudah merasa capek. Main komputer sebentar capek, main handphone pun begitu," ucap Nina.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.