Sukses

Sering Menahan Buang Air Kecil, 4 Penyakit Ini Siap Mengintai

4 penyakit yang muncul karena kebiasaan menahan buang air kecil

Liputan6.com, Jakarta - Buang air kecil jadi hal yang tak mungkin bisa dihindari. Dalam sehari setidaknya bisa lima sampai 10 kali bolak-balik ke kamar kecil untuk kencing. Akan tetapi semua itu tergantung sebanyak cairan yang diminum.

Urine merupakan cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Kita tidak akan tahu kapan membutuhkan kamar kecil untuk buang air kecil.

Seringkali karena keadaan atau malas beranjak, kita menahan untuk buang air. Kebiasaan ini harus segera ditinggalkan. Efeknya bagi kesehatan bisa sangat fatal. Tak percaya? Ini daftar bahaya dari kebiasaan menahan kencing seperti dikutip dari Prevention pada Rabu, 11 September 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menahan Kencing Bisa Sebabkan Infeksi Batu Ginjal

Munculnya kristal kecil yang dikenal sebagai batu ginjal dapat mengiritasi kantung kemih. Jika sering menahan buang air kecil akan muncul gejala-gejala infeksi pada batu ginjal.

Seperti yang dikatakan Dr Tamara Bavendam MD, program direktur program Divisi Penyakit Ginjal, Urologi, dan Hematologi di Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal.

"Biasanya batu ginjal akan menyebabkan banyak rasa sakit di punggung atau bagian samping tubuh. Tanda pling sederhana meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, dan rasa perih saat buang air kecilm," kata Bavendam.

 

3 dari 5 halaman

Tubuh Tidak Terhidrasi Dengan Baik

Jika kalian menahan buang air kecil maka kalian akan 'menyuruh' tubuh bekerja dengan aktif. Hal ini akan mengakibatkan dehidrasi sehingga tubuh butuh air lebih banyak.

Namun, kalian akan meminum sedikit air karena kantung kemih masih terisi penuh.

 

4 dari 5 halaman

Tubuh Menjadi Kaku

Ketika suhu turun, tubuh akan melakukan mekanisme khusus untuk membuat kamu tetap hangat.

Bagian dari proses itu melibatkan penyempitan pembuluh darah. Pembuluh yang menyempit di kaki, tangan, kaki, dan lengan akan memindahkan lebih banyak darah ke inti tubuh.

Hal ini meningkatkan tekanan darah pada pembuluh. Kemudian, tubuh bereaksi terhadap tekanan darah tinggi tersebut dan menormalkannya.

Caranya adalah dengan menghilangkan cairan dengan buang air kecil. Jadi, jika kamu menahan buang air kecil tubuh jadi akan terasa sangat kaku.

 

5 dari 5 halaman

Infeksi Saluran Kemih

Bila kalian sering menahan buang air kecil, risiko infeksi salurah kemih juga akan meningkat.

Wahai Kaum Pria, Coba Buang Air Kecil dengan Posisi Jongkok

Pasalnya, urine mengandung banyak bakteri yang harus dikeluarkan. Jika didiamkan terlalu lama akan menginfeksi saluran pembuangan.

Penulis : Idho Rahaldi / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.