Sukses

6 Manfaat Mandi Sauna bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mandi sauna

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, sauna hanyalah bagian dari sudut ganti di tempat gym. Namun jika Anda berkunjung ke Finlandia, Anda akan menyadari bahwa sauna adalah fasilitas yang paling jarang dimanfaatkan di gym.

Seperti dilansir dari Prevention, orang-orang Finlandia menyukai sauna dan hampir semua orang di Finlandia memiliki sauna pribadi di rumah atau apartemen mereka. Karena ternyata sauna memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari sauna yang harus Anda ketahui:

1. Sauna sama seperti olahraga

Awal tahun ini, para peneliti di Jerman menemukan bahwa mengikuti sesi sauna selama 25 menit sama melelahkannya dengan olahraga ringan. Dalam penelitian menunjukkan, detak jantung dan tekanan darah peserta meningkat ketika mereka berada di sauna dan turun di bawah level awal mereka setelah mengikuti sauna.

Hasilnya sama dengan penelitian terhadap orang yang mengendarai sepeda stasis pada intensitas sedang. Pada dasarnya, panas yang diberikan sauna membuat jantung Anda seperti sedang berolahraga.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baik untuk kesehatan mental

2. Sauna baik untuk kesehatan mental

Jika Anda sedang jenuh dengan rutinitas perawatan diri, cobalah lakukan sauna. Menurut ahli jantung dan profesor di University of Eastern Finland, Jari A. Laukkanen, hasil studi menunjukkan bahwa sauna meningkatkan keseimbangan sistem saraf otonom jantung dan membuat detak jantung menjadi lebih baik ucap. Artinya, sesi sauna dapat menghasilkan relaksasi tubuh dan pikiran.

3. Sauna menjaga tekanan darah

Dalam studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Laukkanen dan rekannya, pria yang pergi ke sauna 4 hingga 7 kali seminggu memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan sauna sekali dalam seminggu.

Hal ini terjadi karena ketika suhu tubuh Anda naik di sauna, pembuluh darah Anda terbuka. Melakukan ini secara teratur membantu lapisan dalam pembuluh darah berfungsi lebih baik. Relaksasi yang Anda rasakan setelah sesi sauna dapat membantu menjaga tekanan darah Anda.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan kekebalan tubuh

4. Sauna meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu sesi sauna selama 15 menit dapat meningkatkan berbagai sistem kekebalan tumbuh yakni sel darah putih, limfosit, neutrofil, dan basofil. Para peneliti mengungkapkan, tekanan yang diberikan pada tubuh dari panasnya sauna memberi sistem kekebalan tubuh sedikit rintangan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Sauna meningkatkan fungsi jantung

Laukkanen dan rekannya melakukan penelitian lanjutan yang menemukan bahwa semakin sering seseorang pergi ke sauna, semakin kecil kemungkinan mereka akan meninggal karena serangan jantung atau penyakit jantung.

Karena sauna dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan memperkuat dilatasi pembuluh darah, mengurangi kekakuan arteri, meningkatkan pengaturan sistem saraf otonom, dan menurunkan tekanan darah sistemik.

 

4 dari 4 halaman

Menurunkan risiko stroke

6. Sauna menurunkan risiko stroke

Pria dan wanita yang melakukan 4 hingga 7 sesi sauna setiap minggunya memiliki kemungkinan 61 persen lebih kecil terserang stroke daripada yang hanya melakukan sauna sekali dalam seminggu.

Hubungan tersebut masih akan ada bahkan ketika mereka mengendalikan faktor-faktor risiko stroke seperti diabetes, indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, dan aktivitas fisik. 

 

Penulis: Diviya Agatha

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.