Sukses

Kriteria Paskibraka Nasional 2019 Calon Pembawa Baki di Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta - Tiga puluh empat orang Paskibraka putri di tingkat nasional berpeluang menjadi pembawa baki 2019.

Bagi Paskibraka Nasional 2019 yang nantinya terpilih mengemban tugas tersebut, itu berarti sesuai dengan kriteria dan penilaian para pelatih.

Koordinator Pelatih Paskibraka Nasional 2019, Letkol Amar, membocorkan kriteria dari pembawa baki paskibraka nasional 2019.

"Kriterianya standar. Paling pokok adalah dia menguasai apa yang menjadi tugas pokoknya," kata Amar kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur.

 

2 dari 4 halaman

Tidak Mudah Menjadi Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019

Tidak mudah mengemban tugas sebagai pembawa baki. Tugasnya itu tidak sekadar menerima atau menyerahkan bendera merah putih dari/ke presiden. Tiap gerakan yang mereka lakukan, ada hitungannya.

Oleh sebab itu, materi yang pelatih berikan tidak pernah berubah. Dari harus bagaimana saat menaiki dan menuruni anak tangga, sampai cara bermanuver yang baik saat Paskibraka menuju tiang bendera.

"Materi itu kita berikan semua," ujar Amar.

Hanya saja, dari 34 Paskibraka Nasional 2019 putri, pasti ada saja yang lupa, ada juga yang kurang halus, dan ada pula yang dianggap tidak menguasai materi pembawa baki 2019 dengan baik.

Belum waktunya jalan, dia sudah jalan. Belum saat menyodorkan nampan atau baki ke irup (inspektur upacara), dia sudah melakukannya.

"Misalnya, bendera itu belum diambil, tapi sudah menyodorkan baki ke irup," kata Amar.

 

3 dari 4 halaman

Materi Pembawa Baki 2019 Terus Diulang-Ulang

Amar beserta pelatih Paskibraka Nasional 2019 lainnya terus mengulang materi tersebut. Sehingga mereka paham betul harus bagaimana jika terpilih sebagai pembawa baki saat upacara HUT ke-74 RI di pagi hari atau sore hari.

"Kalau pagi hari, menunggu benderanya diambil dulu oleh irup, baru dia menyodorkan baki. Jangan sampai baki disodorkan, tapi bendera belum diambil. Nanti irup enggak bisa lihat dong di mana benderanya," katanya.

Menurut Amar, sejauh ini belum ada satu Paskibraka Nasional 2019 pun dirasa pantas menjadi pembawa baki.

"semua masih tahap penjajakan dan pendalaman," katanya.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional 2019

Loading
Artikel Selanjutnya
Pujian Panglima yang Bikin Paskibraka Tim Penurunan Bendera di Istana Tidur Pulas
Artikel Selanjutnya
Secercah Harapan dari Sang Panglima untuk Paskibraka Carolus Asal Papua