Sukses

Paskibraka Nasional 2019 Berhijab Ini Takjub dengan Rumput Istana Merdeka

Dua orang calon Paskibraka Nasional 2019 ini akhirnya membuktikan sendiri omongan-omongan para seniornya tentang Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang calon Paskibraka Nasional 2019 ini akhirnya membuktikan sendiri omongan-omongan para seniornya tentang Istana Merdeka. Tempat mereka bertugas sebagai pengibar bendera pusaka pada HUT ke-74 RI, yang tinggal beberapa hari saja.

Mereka adalah Nanda Afifa Rahmad, Paskibraka dari Maluku dan Noviati Wulandari Saleh, Paskibraka Nasional 2019 perwakilan Gorontalo.

Nanda dan Novi pernah diberitahu bahwa Istana Merdeka tidak sebesar yang dibayangkan. Ukuran sebenarnya kecil, tapi karena efek dari kamera membuat tempat tersebut seakan-akan besar dan luas.

"Awalnya kayak masa, sih, Istana (Merdeka) kecil? Aku mikirnya, senior-senior kayak lagi menguji mentalku, Kak," kata Novi kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Senin, 12 Agustus 2019.

"Sama. Aku juga begitu. Begitu lihat langsung, aku jadi malu dan engga enak sama seniorku," ujar Nanda, Paskibraka Nasional 2019 yang pernah merasakan nikmatnya beribadah Umrah ke Tanah Suci.

 

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keistimewaan Rumput Istana Menurut Paskibraka Nasional 2019

Tidak hanya soal itu, Paskibraka Nasional 2019 berhijab ini juga diceritakan soal keistimewaan rumput yang akan mereka injak. Yang rasanya berbeda jauh dari rumput di halaman asrama PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur, tempat mereka latihan baris-berbaris selama Diklat Paskibraka 2019.

Novi diceritakan kalau rumput di Istana Merdeka akan membuat sepatu mereka 'tenggelam'. Sedangkan Nanda, diberitahu bahwa derap langkah akan semakin berat karena rumput di sana memiliki ketebalan di atas rata-rata.

Omongan itu akhirnya mereka rasakan sendiri, saat pelatih menyuruh mereka turun ke lapangan untuk berlatih upacara penurunan bendera.

"Benar, lho, Kak. Sepatuku tenggelam. Tebalnya beda," kata Novi.

"Ini latihan baru sekali, tapi rasanya capai banget. Karena rumputnya itu membuat langkahku kayak berat gitu mau mengangkat kedua kaki," Nanda bercerita.

Meski begitu, Paskibraka Nasional 2019 yang sudah beberapa kali ke Jakarta ini mengatakan bisa beradaptasi dengan cepat. Hal itu akan mereka buktikan saat gladi kotor pertama pada Selasa, 13 Agustus 2019; gladi kotor kedua pada Rabu, 14 Agustus 2019; dan gladi bersih pada Kamis, 15 Agustus.

"Mungkin tadi syok. Kaget. Baru pertama kali menginjak rumput di Istana Merdeka," kata Nanda.

"Tapi besok, besok, dan besoknya lagi sudah terbiasa. Karena ternyata begini rasanya," ujar Novi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.