Sukses

4 Cara Meningkatkan Produksi ASI

Salah satu kekhawatiran calon ibu adalah soal kemampuan menghasilkan cukup air susu ibu (ASI) atau tidak. Ini cara agar produksi ASI terus melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kekhawatiran calon ibu adalah soal kemampuan menghasilkan cukup air susu ibu (ASI) atau tidak usai melahirkan nanti. Namun, calon ibu tak perlu panik terkait ini. 

Umumnya, beberapa hari sesudah melahirkan payudara akan menghasilkan 'susu pertama' yang disebut kolostrum. Cairan berwarna kekuningan, kental, dan berjumlah sedikit ini mengandung banyak kebutuhan gizi bayi seperti dilansir Web MD, Jumat (2/8/2019).

Kolostrum membantu saluran pencernaan bayi baru lahir untuk berkembang dan mempersiapkan diri untuk mencerna ASI. Sebagian besar mungkin bayi akan kehilangan sedikit berat badan tetapi ini tidak dipengaruhi oleh menyusui.

Begitu bayi membutuhkan lebih banyak ASI, payudara akan merespons dan menghasilkan lebih banyak ASI. Para ahli merekomendasikan bayi menyusu selama 6 bulan pertama kehidupannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Meningkatkan Produksi ASI

Bagi banyak wanita, ketika persedian ASI melimpah akan merasa baik-baik saja. Namun, untuk beberapa ibu masih khawatir dengan produksi susu apabila jumlahnya tidak dapat mencukupi kebutuhan bayi.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI:

1. Lebih sering menyusui

Seringlah menyusui dan biarkan bayi yang memutuskan kapan untuk berhenti. Ketika bayi menyusu pada payudara, hormon yang memicu payudara untuk menghasilkan ASI.

Refleks akan terjadi pada payudara akan berkontraksi untuk menghasilkan ASI setelah bayi mulai menyusu. Semakin Anda menyusui, semakin banyak pula ASI yang Anda hasilkan.

2. Pompa di antara waktu menyusui

Memompa di antara waktu menyusui dapat membantu Anda meningkatkan produksi susu. Menghangatkan payudara Anda sebelum memompa dapat membantu Anda lebih nyaman dan juga lebih mudah untuk melakukannya.

3. Menyusui dari kedua payudara bergantian

Biarkan bayi Anda menyusu secara bergantian dari payudara kiri lalu kanan. Biarkan bayi menyusu dari payudara pertama hingga dia berhenti sebelum memindahkannya ke sisi yang lain.

4. Konsumsi makanan sehat

Ada makanan dan herbal yang dapat meningkatkan produksi ASI menurut Canadian Breastfeeding Foundation seperti jahe dan bawang putih. 

Selalu bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen terutama saat menyusui untuk mengetahui efek samping dari produk tersebut.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini