Sukses

Kedelai Bermanfaat untuk Jantung Asalkan Penuhi Hal Ini

Benarkah kedelai bermanfaat untuk kesehatan jantung?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang meragukan manfaat kacang kedelai untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun, sebuah penelitian memiliki bukti akan klaim ini.

Sebuah studi yang dimuat di Journal of the American Heart Association melakukan 46 percobaan terpisah. Hasilnya membuktikan bahwa kedelai baik untuk jantung. Meski begitu, ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Mengutip Webmd pada Sabtu (6/7/2019), menurut salah satu penulis John Sievenpiper, profesor ilmu gizi di University of Toronto, Kanada mengatakan bahwa manfaat tersebut tidaklah besar. Angkanya hanya 5 persen dalam kadar kolesterol.

"Namun, jika Anda menyatukannya dengan makanan nabati lainnya, Anda mendapatkan efek yang jauh lebih kuat," kata Sievenpiper dalam rilisnya.

Dalam studi ini, para peneliti melakukan perbandingan kedelai dengan beberapa makanan lain, misalnya minyak ikan. Meski begitu, manfaatnya pun juga tidak bertambah meski porsinya ikut ditambahkan.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agar Kedelai Bermanfaat untuk Jantung

Ahli diet asal New York, Michelle Milgrim mengatakan, manfaat kedelai bisa didapatkan hanya apabila menjadi bagian dari diet sehat secara keseluruhan.

"Tetapi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tindakan tambahan untuk mengurangi risiko penyakit jantung seperti olahraga, berhenti merokok, pengurangan stres, mempertahankan berat badan yang sehat, dan pemeriksaan rutin ke dokter," kata Milgrim.

Di sisi lain, ahli gizi Katrina Hartog mengungkapkan kelemahan temuan ini. Salahs satunya adalah fakta dari beberapa peneltiian yang membandingkan kedelai dengan berbagai makanan alternatif, serta penggunaan tepung kedelai dalam makanan bersuhu tinggi yang bisa merusak struktur protein dan keefektifannya.

"Dengan atau tanpa klaim kesehatan, makanan kedelai umumnya baik untuk jantung dan pembuluh darah jika mereka menggantikan pilihan yang kurang sehat seperti daging merah atau makanan protein tinggi lemak," kata Hartog.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.