Sukses

Studi Ungkap, Pria yang Memiliki Anak Cenderung Terpelajar

Para pria yang memiliki anak rupanya lebih terpelajar atau berpengetahuan luas dibandingkan pria tanpa anak.

Liputan6.com, Jakarta Para pria yang memiliki anak rupanya lebih terpelajar atau berpengetahuan luas dibandingkan pria tanpa anak. Hal tersebut juga berlaku relatif terhadap pria yang memiliki anak di atas usia 40 tahun.

Hal itu diungkap oleh US Census Bureau jelang peringatan Hari Ayah di negara tersebut.

Data pada 2014 menunjukkan, lebih dari 60 persen dari 121 juta pria dewasa di AS berstatus ayah. Sekitar tiga perempat jumlah tersebut adalah pria menikah. Lalu 13 persen dari jumlah ayah tersebut berstatus cerai, dan 8 persen tak pernah menikah.

Sekitar seperempat pria usia 40 hingga 50 tahun tak memiliki anak. Dan 17 persen dari jumlah pria tersebut tak pernah menikah ketika mencapai usia 40 tahun.

Melansir laman New York Post, ada perbedaan mencolok dalam partisipasi di tempat kerja antara para ayah dan ibu yang memiliki anak kecil. Hampir 90 persen para ayah yang anaknya berusia dia bawah 6 tahun berstatus memiliki pekerjaan. Sementara para ibu yang berstatus pekerja hanya 60 persen. Demikian data yang disajikan.

Selain itu, pria yang memiliki anak cenderung lebih terpelajar dibandingkan mereka yang tak memiliki anak. Meskipun laporan tersebut mencatat, hal itu bisa jadi karena faktor usia. Kesempatan menjadi ayah dan meraih tingkat pendidikan yang lebih tinggi juga meningkat seiring bertambahnya usia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.