Sukses

4 Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku pada Anak

Anak suka gigit kuku, begini cara menghentikan kebiasaan itu.

Liputan6.com, Jakarta Secara medis, kebiasaan menggigit kuku (onychopagia) menjadi hal umum dialami anak-anak di seluruh dunia. Mulai anak berumur empat tahun, dia bisa memiliki kebiasaan buruk ini.

Banyak hal yang membuat anak punya kebiasaan menggigit kuku. Dikutip dari Momjunction, penyebabnya antara lain untuk memunculkan rasa nyaman, bosan, stres, faktor genetik dan meniru orang lain.

Orangtua diharapkan lebih peka untuk mencari penyebab utamanya. Hal ini agar bisa melakukan pencegahan. Untuk mengatasi kebiasaan ini, coba lakukan hal berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gigit Jari

- Berbicara pada si Kecil

Katakan padanya kalau kebiasaanya menggigit kuku sangat tidak baik, karena akan merusak kukunya. Kondisi kukunya akan memburuk, mengelupas dan membuatnya terlihat jorok.

- Penyakit

Ceritakan juga pada anak kalau di balik kuku tersebut terdapat banyak sekali virus dan bakteri yang bisa membuat tubuhnya sakit.

Dia juga bisa sakit perut dan muntah karena bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuhnya saat menggigit kuku.

- Berikan hadiah

Bisa juga membuat semacam hadiah atau bintang jika anak berhasil tak menggigit kuku selama sehari.

- Perawatan kuku

Untuk anak yang lebih besar, cobalah sesekali mengajaknya melakukan perawatan kuku di salon. Pasti ia akan sangat tertarik melihat kuku cantik yang bersih sehingga tak mau lagi menggigiti kukunya.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini