Sukses

Perlukah Mencuci Ayam Sebelum Dimasak?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tergolong dalam kelompok yang selalu mencuci ayam sebelum dimasak, mungkin harus memikirkan hal ini kembali. Para ahli kesehatan makanan teryata menyarankan hal sebaliknya.

Mencuci ayam sebelum dimasak dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan kemungkinan terkontaminasi. Pengolahan ayam dengan baik adalah kunci untuk menghindari keracunan makanan.

Seperti melansir dari Reader's Digest, sebagian orang berpikir bahwa mencuci ayam akan menghilangkan bakteri atau lendir ayam. Asumsi bahwa ayam mentah memiliki banyak bakteri melekat memang benar tapi mencucinya tidak dapat melawan bakteri tersebut.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, mencuci ayam justru dapat memperburuk masalah tersebut karena air yang mengalir dan percikannya dapat menyebarkan bakteri ke area mencuci ayam bahkan pakaian Anda.

 

2 dari 3 halaman

Cara Tepat Singkirkan Bakteri

United States Department of Agriculture (USDA) mengatakan bahwa satu-satunya cara pasti untuk mengeleminasi bakteri adalah dengan memasak ayam pada temperatur yang tepat. Aturan ini juga berlaku ke daging maupun ikan. Temperatur yang tepat untuk memasak ayam adalah 165 derajat Farenheit atau setara 73 derakat Celsius.

Para koki profesional seperti Julia Child dan Ina Garten pun memiliki pandangan yang berbeda mengenai hal ini. Julia mendukung pernyataan bahwa ayam harus dicuci sebelum dimasak. Sebaliknya, Ina mengatakan bahwa tidak perlu mencuci ayam maupun daging lainnya.

Peneliti Universitas Drexel Jennifer Quinlan mengatakan bahwa Anda harus sesekali mencoba tidak mencuci ayam untuk melihat perbedaannya. Jika lendir adalah permasalahannya, cobalah tepuk-tepuk ayam dengan tisu. Jika Anda masih memutuskan untuk mencucinya maka Anda harus memastikan percikan yang dapat menyebabkan kontaminasi serta membersihkan tangan dan alat yang digunakan untuk mencuci ayam.

Penulis: Khairuni Cesario

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Ayam Perantau, Pengobat Rindu yang Makan Sahur
Artikel Selanjutnya
Daging Ayam Mentah Sebaiknya Dicuci atau Tidak?