Sukses

Kapan Anak Boleh Punya Ponsel Sendiri?

Liputan6.com, Jakarta Memang tak ada aturan mengenai usia berapa anak boleh memiliki ponsel sendiri. Sebuah riset terbaru di AS menunjukkan, 12 tahun adalah usia yang tepat untuk anak memiliki ponsel.

Alasannya, pada usia itu anak sudah mampu menyiapkan bekal makan siang sendiri, berangkat ke sekolah dengan bus tanpa perlu diantar ortu, serta menyelesaikan tugas sekolah sendiri. Ini artinya anak telah mulai belajar bertanggung jawab terhadap hidupnya.

Anak-anak di AS mulai belajar menghasilkan uang pada usia 13. Mereka juga sudah bisa ditinggal sendiri di rumah dan dianggap mampu menggunakan internet secara bertanggung jawab tanpa pantauan khusus dari orangtua, melansir laman New York Post.

Temuan tersebut didapat dari survei terhadap 2.000 ibu. Sebetulnya aturan mengenai kapan anak boleh mendapat pengalaman pertama mereka termasuk memiliki ponsel itu merupakan bagian dari keputusan ibu. Sekitar 78 persen keluarga di Amerika menerapkan hal tersebut, ibu berperan besar dan menjadi contoh utama anak dalam masalah kemandirian.

 

2 dari 3 halaman

Peran ibu

Survei yang dilakukan oleh OnePoll untuk brand teknologi perlengkapan rumah Alarm.com menemukan, ibulah yang paling sering mendengarkan dan berbicara pada anak terkait berbagai masalah dan kekhawatiran, mengatasi argumen, serta memastikan anak mampu berteman dan bersosialisasi dengan baik.

"Kita cenderung menghargai kesibukan ibu, tapi kemampuan mereka untuk mengurus anak-anak dan keluarga kerap kurang apresiasi. Ibu harus menjadi pelatih, mengarahkan dan melatih anak agar mandiri, serta melindungi serta memastikan anak dalam kondisi aman sambil tetap bekerja penuh di luar rumah," ujar VP marketing Alarm, Anne Ferguson.

Sekitar 84 persen ibu dilaporkan bertanggung jawab mengantar dan menjemput anak dari sekolah. Begitu pula dalam mengerjakan pekerjaan rumah, sekitar 82 persen ibu bertanggung jawab membantu anak menyelesaikan pe-er. Sementara 73 persen ibu bertugas menerapkan aturan di rumah, dan 81 persen ibu mengatur pemakaian internet anak. 

3 dari 3 halaman

Usia anak boleh punya ponsel

Berikut tingkatan usia anak dianggap siap diberi tanggung jawab, termasuk memiliki ponsel pribadi.

  • Tinggal di rumah tanpa dipantau: 13 tahun
  • Menggunakan internet tanpa dipantau: 9 tahun
  • Memiliki ponsel: 12,5 tahun
  • Berpakaian sendiri: 7 tahun
  • Bekerja paruh waktu/belajar menghasilkan uang: 13 tahun
  • Belajar mandiri untuk tes: 10,5 tahun
  • Menyiapkan bekal makan siang sendiri: 11 tahun
  • Mencuci dan melipat baju: 12 tahun

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Viral Simpanse Asyik Main Instagram Layaknya Manusia, Tuai Kontroversi
Artikel Selanjutnya
Manusia Jadi Kurang Tidur dan Tidak Produktif karena Ponsel