Sukses

Cek, 5 Manfaat Puasa Ramadan bagi Kesehatan

Tak hanya bermanfaat bagi perkembangan spiritual, puasa ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama menyatakan 1 Ramadan 1440 jatuh pada 6 Mei 2019. Artinya, mulai hari ini, umat muslim, khususnya di Indonesia, akan mulai melaksanakan puasa. Puasa ini merupakan bentuk ibadah yang akan dilakukan selama Ramadan.

Tak hanya bermanfaat bagi perkembangan spiritual, puasa ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Melansir dari Boldsky, berikut manfaat dari puasa:

1. Menurunkan berat badan

Puasa memang tidak akan memberikan penurunan berat badan yang drastis. Namun, apabila Anda berpuasa dan memperhatikan nutrisi yang Anda konsumsi maka penurunan berat badan dapat Anda capai.

2. Mengontrol gula darah

Puasa dapat mengatur tingkat gula darah Anda. Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya Anda akan mengalami penurunan gula darah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengatasi alergi dan inflamasi

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Puasa dapat menurunkan resiko aterosklerosis yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Saat puasa pun lemak akan digunakan sebagai cadangan energi.

Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah pun dapat turun.

4. Memperkuat otot

Saat berpuasa, lemak yang ada ditubuh akan digunakan sebagai sumber energi. Hasilnya, saat puasa otot Anda akan menjadi lebih kuat tanpa adanya lemak tersebut.

5. Mengatasi alergi dan inflamasi

Puasa dapat membantu untuk menangani inflamasi dan alergi seperti penyakit arthritis dan penyait kulit. Ahli bahkan mengatakan bahwa puasa kemungkinan dapat menyembuhkan penyakit inflamasi usus. 

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.