Sukses

Penyebab Nyeri Menstruasi Terasa Berbeda Setiap Bulan

Berbagai faktor dapat menyebabkan Anda mengalami sakit yanh sangat parah saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi seringkali tidak dapat diprediksi. Sebagian orang tidak memiliki siklus menstruasi yang pasti. Terkadang menstruasi pun menimbulkan rasa sakit yang lebih parah dari biasanya.

Premenstrual Syndrome atau PMS seringkali menyebabkan perempuan mengalami berbagai gejala. Mulai dari pusing, mual hingga kram perut.

Selain itu, berbagai faktor lain juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit yang sangat  parah saat menstruasi. Melansir dari Elite daily, berikut faktor yang memperparah menstruasi:

1. Kurang tidur

Tidur dengan waktu yang cukup memiliki dampak besar dalam apa yang akan Anda rasakan saat menstruasi.

Menurut obgyn Jessica Shepherd, kekurangan tidur terutama saat menstruasi akan mempengaruhi kondisi fisik dan emosi perempuan. Kurang tidur juga dapat membuat perempuan mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan siklus menstruasi tidak tentu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsumsi makanan olahan

2. Konsumsi makanan olahan

Makanan olahan mungkin dapat membuat Anda merasa lebih baik saat sedang menstruasi. Namun, makanan olahan memiliki kandungan gula putih dan tepung yang dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh.

Jika inflamasi atau peradangan terjadi saat menstruasi maka menstruasi Anda sangat menyakitkan. 

Dr Jessica Shepherd menyarankan untuk mengonsumsi buah, sayur atau probiotik saat menstruasi. Makanan tersebut dapat mengurangi inflamasi dan menetralkan pH tubuh. 

3. Volume menstruasi lebih banyak dibandingkan biasanya

Obgyn Heather Bartos mengatakan bahwa setiap bulan uterus akan meluruhkan darah sebagai bentuk 'self cleaning'. Semakin banyak darah yang diluruhkan makan semakin bertambah volume menstruasi.

"Uterus merupakan otot yang dapat melakukan kontraksi untuk mendorong darah menstruasi keluar," kata dr Heather.

Heather menjelaskan bahwa stres atau perubahan hormon juga dapat menyebabkan perubahan pada volume menstruasi.

3 dari 3 halaman

Stres

4. Stres

Apa Anda merasa stress saat ini? Cobalah untuk tetap tenang. Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan tetapi stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda.

Dr Heather Bartos menjelaskan bahwa stres tidak hanya memperburuk menstruasi, tapi juga dapat membuat Anda tidak mengalami menstruasi.

Anda dapat mencoba untuk melakukan olahraga yang dapat membantu menurunkan tingkat stres. Contohnya yoga.

Obgyn Jessica Sheperd mengatakan bahwa olahraga dapat membantu menurunkan stres. Selain itu, olahraga juga dapat meredakan sakit seperti kram perut pada saat menstruasi.

Usakahan untuk memiliki gaya hidup sehat. Olahraga juga diperlukan untuk mengimbanginya. Selain itu, usahakan juga untuk tetap menjaga pola hidup dan olahraga meskipun sedang menstruasi.

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini