Sukses

7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari American College of Cardiology melakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan makanan yang memiliki manfaat kesehatan jantung. Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology setelah meninjau lebih dari 60 studi.

Beberapa makanan memang memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan tetapi juga memiliki potensi untuk menimbulkan penyakit tertentu. Misalnya, produk susu memiliki manfaat menurunkan tekanan darah tapi mengandung banyak lemak jenuh. Selain itu juga ada alkohol yang diklaim dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan penyakit lever dan kanker tertentu.

Tidak ada pola diet yang sempurna yang bertujuan mencegah penyakit jantung. Melansir dari Menshealth, inilah yang paling tepat untuk dikonsumsi demi kesehatan jantung:

1. Kacang Almond

Studi terbaru menunjukkan bahwa kacang almond adalah jenis kacang yang paling baik untuk dikonsumsi. Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolestrol. Selain itu, lemak ini juga merupakan sumber antioksidan vitamn E yang menjaga sistem imun tetap sehat.

 

2 dari 4 halaman

Apel dan Blueberry

2. Apel

Satu buah apel dapat memberhentikan oksidasi kolestrol jahat yang terjadi saat kolestrol bercampul dengan molekul tidak tabil dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan inflamasi dan plak pada arteri. Satu buah apel sehaari dapat menurunkan tingkat kolestrol jahat sebanyak 8 persen. Selain itu, apel mengandung serat larut air yang dapat membersihkan arteri.

3. Blueberry

Bluberry memiliki kandungan pterostilbene yakni antioksidan yang dapat membuat liver bekerja lebih baik. Liver menjadi lebih mudah untuk menghancurkan lemak dan kolestrol. Blueberry juga mengandung antosianin. Hal ini dapat menurunkan darah rendah dan mebuat pembuluh darah lebih elastik yang akhirnya dapat menurunkan resiko kardiovaskular.

3 dari 4 halaman

Ikan

4. Legume

Legume dapat menurunkan resiko penyakit jantung coroner dan menaikkan tingkat gula darah, tekanan darah dan bahkan membantu untuk menghilangkan berat badan. Konsumsi legume dengan cara menggunakan patty sayuran daripada daging pada burger atau mengganti ayam dengan edamame pada salad.

5. Ikan

Asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 ini juga menurunkan jumlah lemak jahat di tubuh sebanyaj 12 persen.

4 dari 4 halaman

Kopi

6. Kopi

Konsumsi kopi dapat meningkatkan kesehatan. Faktanya, kopi dapat menurunkan risiko kematian tanpa menyebabkan masalah jantung seperti hipertensi atau aritmia. Namun, harus diingat bahwa konsumsi kopi dengan gula dan krim dapat menghilangkan manfaatnya.

7. Teh

Semua studi membuktikan bahwa teh baik untuk kesehatan. Teh dapat menurunkan resiko kerusakan jantung. Namun tidak boleh dikonsumsi dengan campuran susu, gula atau krim.

Penulis: Khairuni Cesario

Loading
Artikel Selanjutnya
Awas, Melewatkan Sarapan dan Telat Makan Malam Berbahaya bagi Jantung
Artikel Selanjutnya
Beda Pingsan Biasa dan Henti Jantung Mendadak