Sukses

3 Saran Dokter Supaya Petugas KPPS Pemilu 2019 Tidak Loyo

Orang yang paling berat tugasnya pada Pemilu 2019 adalah petugas KPPS.

Liputan6.com, Jakarta Hampir seluruh masyarakat Indonesia berbondong-bondong datang ke TPS untuk ikut mencoblos pada Pemilu 2019.

Di antara banyaknya pemilih, terdapat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau petugas penyelenggara pemilu yang bekerja keras.

Mungkin Anda salah satunya. Jika ya, ketahui kiat bebas badan lemas saat dan setelah bertugas.

KPPS ini adalah ujung tombak dalam kesuksesan Pemilu 2019, lho! Anggota KPPS atau petugas penyelenggara pemilu biasanya adalah orang-orang yang aktif di lingkungan RT atau RW. pada hari H, sejak pagi mereka akan melayani warga yang ingin mencoblos, yang juga bekerja sama dengan pengawas dan para saksi dari peserta pemilu.

Belum lagi banyaknya segala persiapan yang dipersiapkan beberapa hari sebelumnya, hingga memastikan dari awal pencoblosan sampai penghitungan berjalan lancar.

 

Bisa dibayangkan aktivitas mereka bisa sangat melelahkan. Badan lemas pun rentan terjadi. Oleh karena itu, jika Anda atau orang-orang di sekitar merupakan anggota KPPS atau siapa pun yang bertugas dalam proses pemungutan suara pada Rabu, 17 April 2019, ketahui kiat agar bebas dari badan lemas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Petugas KPPS pada Pemilu 2019 yang Melelahkan

Supaya tetap fit sampai tugas selesai, lakukan hal-hal di bawah ini:

 

1. Cukupi kebutuhan cairan

Keasyikan melayani warga yang mencoblos dan melakukan penghitungan suara, bukan tidak mungkin para petugas KPPS lupa minum sehingga mengalami dehidrasi.

Jika tidak segera ditangani dehidrasi bisa memicu kondisi badan lemas. Untuk mencegahnya, pastikan selalu memperhatikan ketersediaan air minum di lokasi bertugas.

"Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih sekurang-kurangnya dua liter per hari,” kata dr. Dyan singkat.

 

3 dari 4 halaman

Jangan Lupa Kebutuhan Nutrisi

2. Cukupi kebutuhan nutrisi

Mencukupi nutrisi juga menjadi salah satu senjata ampuh bebas badan lemas. Anda yang bertugas disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan nilai gizi lengkap dan seimbang, bukannya makanan cepat saji.

Anda mungkin bisa menambahkan pisang dalam aktivitas makan Anda saat bertugas. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, pisang kaya akan kalium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina dan menangkal badan lemas.

 

4 dari 4 halaman

Olahraga

3. Olahraga

"Olahraga rutin bisa membuat peredaran darah menjadi lancar dan otomatis badan lemas yang dirasakan bisa berkurang," ujar dr. Dyan. Anda bisa berlari, jalan kaki, atau bersepeda. Menurut para ahli, Anda dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit per hari.

Nah, Anda yang belum sempat melakukan apa-apa, bisa menyiasatinya dengan aktif berdiri setelah duduk lama. Dan jangan lupa streaching.

Itulah beberapa kiat bebas badan lemas untuk Anda yang menjadi petugas penyelenggara Pemilu.

Meski demikian, Anda juga harus cek apakah keluhan badan lemas yang Anda rasakan. Jika terjadi berkepanjangan, bisa jadi itu merupakan gejala anemia atau kondisi medis lainnya.

Untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter.

Penulis : Krisna Octavianus Dwiputra / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini