Sukses

3 Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung Secara Alami, Hasilnya Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta Memilliki wajah yang bersih tentu jadi impian bagi semua orang, baik wanita ataupun pria. Banyaknya masalah yang bisa terjadi pada wajah seperti jerawat, bekas jerawat, wajah kusam, minyak berlebih dan lain-lain, tentu menjadi PR tersendiri. 

Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada banyak orang adalah komedo. Kebanyakan berupa titik-titik hitam atau putih pada area hidung.

Rupanya, komedo tersebut adalah salah satu jenis jerawat loh. Komedo merupakan jenis jerawat  comedonal, yang terbagi ke dalam dua kategori: blackheads dan whiteheads. Baik komedo blackheads yang kehitaman maupun whiteheads yang berwarna putih, dua-duanya tentu perlu diatasi.

Komedo kadang membuat orang merasa tidak nyaman. Meski sepele dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri. Kamu pun bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan komedo putih di hidung, agar kamu semakin percaya diri.

Nah, jika kamu ingin mengusir para pengganggu ini. Tentunya kamu harus tahu dong cara menghilangkan komedo putih di hidung.  Yuk, lihat cara menghilangkan komedo putih di hidung agar wajah kamu semakin sehat!

Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan komedo putih di hidung, alangkah lebih baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui pengertian dan penyebabnya. Agar komedo tersebut tidak datang lagi!

2 dari 4 halaman

Penyebab Komedo

Komedo adalah sebuah benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Perlu kamu ketahui bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat, namun jenis yang ringan. Selain terdapat di wajah, komedo juga bisa timbul pada bahu, punggung, lengan, leher dan dada.

Penyebab timbulnya komedo karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo tampak hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

Faktor munculnya komedo :

- Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya

- Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah.

- Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.

- Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.

3 dari 4 halaman

Jenis Komedo

Komedo ada 2 macam, ada komedo hitam dan komedo putih atau yang biasa dikenal dengan  blackheads dan whiteheads

Komedo hitam: Komedo hitam bersifat terbuka dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Komedo hitam ini umumnya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam

Komedo putih: Komedo putih tidak nampak, jika dibandingkan dengan komedo hitam. Tapi bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.

Ada bermacam Cara menghilangkan komedo hitam. Ada yang harus mengeluarkan banyak uang, ada juga yang murah. Namun semahal apapun perawatan yang dilakukan agar komedo hilang, nantinya komedo akan timbul lagi jika kamu tidak pandai merawat wajahmu.

Maka, kamu bisa coba cara menghilangkan komedo putih di hidung secara alami dan murah. Daripada terus menerus mengeluarkan biaya dan hasilnya juga tidak pasti.

Beragam cara untuk membersihkan komedo telah disediakan oleh Alam. Selain murah meriah, juga bisa merawat wajah dengan mudah.

4 dari 4 halaman

Cara menghilangkan komedo putih di hidung

Berikut Liputan6.com rangkum 3 cara menghilangkan komedo putih di hidung  secara alami dilansir dari  Healthline, Senin (25/2/2019)

1. Uap

Uap membantu membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran dan bahan-bahan lainnya. Proses ini juga dapat melonggarkan pori-pori yang tersumbat, dan sangat bermanfaat bagi whiteheads yang membandel.

Untuk melakukan ini caranya sangat sederhana:

-Rebus air panas dalam panci atau dalam mangkuk dan letakkan di microwave.

-Setelah air mendidih, letakkan panci atau mangkuk dengan hati-hati

-Condongkan wajah di atas panci atau mangkuk selama 5 hingga 10 menit.

-Kamu bisa mengulangi proses ini hingga beberapa kali per minggu. 

2. Oatmeal scrub

Oatmel salah satu bahan yang mudah ditemukan, banyak juga produk kecantikan yang mengandung oatmeal. Alih-alih membeli produk seperti itu, kamu dapat membuat scrub oatmeal sendiri untuk hidung menghilangkan komedo putih di hidung kamu.

Caranya cukup sederhana:

- Campurkan oatmel dan yogurt tawar, dan aduk hingga merata.

- Lalu, oleskan tipis-tipis ke hidung Anda.

- Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air hangat.

- Kamu bisa mengulangi proses ini hingga beberapa kali per minggu.

3. Madu Manuka

Madu Manuka adalah jenis madu asli dari Selandia Baru. Tidak seperti madu biasa yang dapat kamu temukan di toko grosir, jenis madu ini dikenal karena sifat antibakterinya yang dapat mengurangi masalah jerawat.  Nah, kamu bisa membeli madu Manuka secara online atau di toko makanan  ataupun apotik.

Cara yang diperlukan:

-  Oleskan sedikit madu manuka ke hidungmu.

- Diamkan  hingga  15-30 menit, bilas area tersebut dengan air hangat.

- Kamu dapat mengulangi proses ini hingga beberapa kali per minggu.

Nah, diatas adalah 3 cara menghilangkan komedo putih di hidung  secara alami yang bisa langsung kamu praktikan di rumah.

Perlu kamu ingat, menghilangkan komedo secara permanen itu sulit dilakukan. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan kulit wajah setiap hari untuk mencegah komedo tidak datang lagi.  Selamat mencoba! 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami, Enggak Perlu Operasi Plastik
Artikel Selanjutnya
6 Cara Makeup Ini Bantu Samarkan Wajah Lelah karena Kurang Tidur