Sukses

5 Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Vaksin, Jangan Disepelekan

Orang tua perlu mentahui pentingnya vaksin bagi kesehatan anak.

Liputan6.com, Jakarta Jangan pernah sepelekan vaksin. Saat ini, sebagian orang tua masih memilih untuk tidak memberikan vaksin kepada anak-anaknya. Penolakan untuk diberikan vaksin akan menyebabkan peningkatan penyakit menular yang sebenarnya malah dapat dicegah dengan vaksin tersebut. 

Berbagai cara telah dilakukan oleh profesional medis untuk menyarankan memberikan vaksin kepada anak-anak mereka atau bahkan untuk dirinya sendiri. Namun usaha itu tak berhasil membuat mereka mengikuti saran yang telah diberikan.

Mengutip dari Worldofbuzz, seorang rekan dokter muda mengatakan bahwa banyak dokter telah mendorong masyarakat untuk memberikan vaksin. Karena mereka (para dokter) telah belajar dari pengalaman tentang penyakit mengerikan yang ternyata bisa disembuhkan berkat memberikan vaksin.

Dokter Amirul Azmeer Asmadi mengatakan bahwa, banyak penyakit di masa lalu yang diberantas karena vaksin, namun sekarang orang-orang malah menolak untuk memberikan vaksin pada dirinya dan anak-anaknya. Jadi, untuk memberikan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya dari vaksin, dirinya ingin berbagi lima penyakit parah atau fatal yang berhasil dikontrol dan diberantas dengan vaksin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cacar 

Mirip dengan cacar air, cacar ini memiliki sejarah yang jauh lebih berbahaya, karena penyakit ini bisa sampai merenggut nyawa banyak penderitanya. Namun demikian, pada tahun 1980, Majelis Kesehatan Dunia ke-33 mengatakan bahwa berkat vaksin, penyakit ini bisa disembuhkan.

3 dari 6 halaman

2. Polio 

Penyakit ini menyebabkan sebagian tubuh penderita mengalami lumpuh. Namun saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan beberapa wilayah ini terbebas dari polio. Tiga wilayah ini antara lain Eropa, Pasifik Barat Daya, dan Amerika Utara. 

Bahkan Malaysia sendiri juga telah bebas dari polio sejak Oktober 2000. Karena Malaysia telah berhasil mencapai status pemberantasan polio.

 

4 dari 6 halaman

3. Pertusis 

Istilah awamnya adalah batuk rejan. Kedengarannya, penyakit ini memang tidak berbahaya. Namun sebenarnya bisa berakibat fatal. Dokter menulis bahwa jika anak batuk selama 100 hari tanpa henti, paru-parunya bisa menjadi lelah dan anak tersebut bisa mati. 

Pada tahun 2017, dua balita dilaporkan telah mengidap batuk rejan ini karena tidak di vaksin. Namun setelah diberikan vaksin, balita kembali ke kondisi stabil.

5 dari 6 halaman

4. Kanker Serviks 

Dokter Amirul juga mengatakan bahwa, ada dua vaksin yang dapat melindungi wanita dari Human Papillomavirus (HPV). Seperti vaksin Gardasil dan Cervarix.

Kedua vaksin tersebut telah terbukti berhasil mencegah sub-tipe HPV 16 dan 18, yang menyebabkan 70 persen kanker serviks.

6 dari 6 halaman

5. Kanker Hati 

Kanker ini sebagian besar diakibatkan dari Hepatitis B dan penyakit ini telah berhasil dicegah melalui vaksin Hepatitis B. Biasanya vaksin ini disuntikkan pada bagian lengan.

Dokter Amirul mengungkapkan bahwa sekitar 80 hingga 90 persen orang yang telah diberi vaksin dapat terhindar dari kanker hati. Dokter Amirul menambahkan, bahwa tingkat kematian untuk penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin ini telah menurun di seluruh dunia.

Ribuan anak-anak dan orang dewasa dapat diselamatkan dari penyakit parah seperti poliomyelitis, meningitis, difteri, dan penyakit lainnya yang dapat dicegah dengan vaksin. Karena itu, dirinya meminta agar semua orang bisa memberikan vaksin dan belajar dari pengalaman ini.

Karena sudah banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin. Alangkah baiknya juga, untuk memberikan vaksin kepada orang-orang yang Anda sayangi, untuk mencegah tertularnya penyakit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.