Sukses

Diet Unik Cris Pratt Terinspirasi dari Pola Makan Orang Suci

Liputan6.com, Jakarta Pemeran Star Lord dalam Guardians of the Galaxy Chris Pratt punya cara diet yang unik. Dia melakukan pola makan berdasarkan yang tertuang di kitab suci.

Dikutip dari Page Six pada Rabu (23/1/2019), aktor berusia 39 itu mengatakan di Instagramnya bahwa dia melakukan Puasa Daniel (Daniel Fast). Dalam postingan itu, ia sudah menjalani Puasa Daniel hari ketiga dari 21 hari program.

"Hai, Chris Pratt di sini. Hari ketiga dari Puasa Daniel, lihatlah, ini adalah 21 hari doa dan berpuasa," kata Pratt seperti dilaporkan majalah People.

Berdasarkan laman resmi Daniel Fast, puasa ini berdasarkan pengalaman puasa orang suci di Perjanjian Lama. Puasa ini diklaim membantu orang-orang untuk semakin dekat dengan Tuhan.

Orang yang melakukan Puasa Daniel hanya boleh makan makanan yang tumbuh dari biji seperti buah dan sayuran. Selain itu, mereka juga diperbolehkan makan biji-bijian. Untuk minum, para pengikutnya hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih saja. 

Selain mengurangi makanan tertentu, para pengikutnya juga melakukan studi Alkitab setiap hari. Baik sendiri, bersama pastor, atau bersama kelompok doa.

 

2 dari 4 halaman

Didapat dari pesan spiritual

Diet unik ini sebenarnya sudah ada selama beberapa dekade dan dipopulerkan oleh blogger Kristen Susan Gregory di 2007.

Tulisannya kemudian dibukukan secara elektronik menjadi populer. Diet ini menjadi terkenal di jemaat gereja. Termasuk gereja evangelis di mana Pratt dan tunangannya, Katherine Schwarzenegger adalah anggotanya.

"Ketika kita membatasi konsumsi makanan, kita membuat seluruh diri kita waspada bahwa ini adalah pengalaman yang berbeda," kata Gregory.

"Makanan adalah bagian utama dari kehidupan kita sehari-hari sehingga ketika kita makan secara berbeda, makanan itu memanggil kita ke cara hidup yang berbeda."

 

3 dari 4 halaman

Tanggung jawab dengan beragama

Pakar pola makan Leslie Bonci mengatakan, aspek spiritual diet ini bisa menjadi dasar bagi orang Kristiani dalam pola makan mereka.

"Ketika sesuatu memiliki pondasi keagamaan, itu bisa sangat membantu," kata Bonci.

"Ada tanggung jawab. Kita cenderung memperhatikan ketika ada agama yang terlibat - ada perasaan, seseorang mengawasi. Anda punya penjaga untuk berbicara," tambahnya.

Bonci mengatakan, tidak ada yang salah dengan melakukan diet tersebut. Yang terpenting, Anda mampu membeli buah dan sayuran segar, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkannya.

Bagi Chris Pratt, ini bukan masalah. Namun, hal semacam itu kadang sulit bagi orang yang bukan selebrita.

Yang Bonci khawatirkan adalah, beberapa orang mungkin kesulitan untuk menyesuaikan pola makan dengan biaya hidup mereka sehari-hari. Dia menambahkan, para penganut diet ini juga harus berhati-hati serta mengonsumsi protein yang cukup dan mempertahankan pola makan seimbang.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Perempuan Diet Ekstrem demi Kenakan Gaun Pengantin Impian
Artikel Selanjutnya
Diet Golongan Darah, Efektifkah untuk Menurunkan Berat Badan?