Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

4 Posisi Seks Paling Aman bagi Pasien Nyeri Sendi

Pasien nyeri sendi harus pintar memilih posisi seks saat akan bercinta.

Liputan6.com, Jakarta Posisi seks yang baik dan benar merupakan dambaan semua pasangan. Sebagai manusia normal, siapapun yang telah memiliki pasangan hidup yang sah tentunya merasakan hasrat untuk menjalani kehidupan seksual yang aktif.

Tidak hanya bermanfaat pada kesehatan fisik dan batin, menjalani aktivitas seksual yang aktif juga dapat mempererat hubungan antara suami dan istri. Sayangnya, ada kalanya kehidupan seksual terhambat akibat adanya nyeri sendi yang dialami, dan hal ini bukan tidak mungkin mampu menimbulkan adanya frustrasi.

Karena itu posisi seks yang tepat juga sebaiknya diperhatikan bagi para penderita nyeri sendi. Sesungguhnya, posisi seks yang tepat untuk penderita nyeri sendi sangat tergantung pada lokasi sendi yang mengalami nyeri.

Arthritis Research of UK merekomendasikan beberapa jenis posisi seks yang aman bagi beberapa bentuk nyeri sendi, antara lain:

1. Berhubungan seksual dengan posisi wanita dan pria saling menyamping

Cara melakukan posisi jenis ini adalah dengan memosisikan tubuh kedua pasangan saling berbaring menyamping, berhadapan satu sama lain. Salah satu kaki pasangan di apit oleh kaki pasangannya. Posisi ini baik untuk pria yang memiliki masalah nyeri sendi di bagian punggung dan baru saja menjalani operasi di area panggul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Woman on Top

2. Posisi wanita di atas (woman on top) maupun pria di atas (man on top)

Cara melakukan posisi seks jenis ini adalah sang pria berbaring telentang, dan sang wanita berlutut atau berbaring di atasnya. Posisi ini baik untuk pria dengan nyeri panggul atau lutut, sedangkan sang wanita dalam kondisi sehat.

Namun apabila sang wanita yang mengalami masalah panggul atau lutut, posisi bisa diganti menjadi pria di atas. Saat sang wanita di bawah, letakkan bantal di bawah panggul maupun paha untuk menyangga, bila sang wanita memiliki masalah panggul, punggung, maupun lutut

 

3 dari 4 halaman

Posisi Seks Berdiri

3. Posisi seks berdiri

Dalam posisi ini, baik sang pria maupun wanita memosisikan diri secara berdiri. Sang wanita dapat bertumpu pada benda/furnitur dengan tinggi yang sesuai dan penetrasi dilakukan dari belakang.

Posisi ini tepat bagi Anda dan pasangan yang memiliki nyeri lutut sehingga sulit untuk melakukan gerakan berlutut.

 

4 dari 4 halaman

Wanita Berbaring

4. Wanita berbaring di ujung tempat tidur

Bila sang wanita tidak dapat memanipulasi panggul atau lutut, maka posisi seks yang dapat dipilih adalah posisi wanita berbaring di ujung tempat tidur.

Cara melakukan posisi ini adalah wanita berbaring telentang di ujung tempat tidur dan sang pria berlutut lalu kemudian melakukan penetrasi dari depan.

Bila salah satu posisi menyebabkan rasa tegang pada sendi Anda, ada baiknya Anda bereksperimen dengan gaya yang lain.

Penggunaan bantalan, penyangga, maupun berbagai benda/furnitur dapat membantu mencapai posisi yang memberikan kenyamanan bagi Anda maupun pasangan.

Penulis : Dr Atika/Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini