Sukses

Langkah Bersihkan Botol Susu agar Si Kecil Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta Botol susu bisa dibilang benda yang akrab menemani keseharian si Kecil. Agar anak terhindar dari berbagai masalah kesehatan, ortu perlu mencermati kebersihan botol susu. Seperti pengalaman Mommy Tita Ardhana dari Babyologist berikut ini.

Botol susu adalah barang yang paling dekat dengan anak. Hampir setiap saat botol susu digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Namun, terkadang kita suka lalai dan tidak tahu bahwa botol susu anak sebenarnya juga membutuhkan perhatian khusus agar bisa tetap bersih dan higienis.

Menyikapi hal tersebut, berikut adalah cara untuk mencuci botol dengan benar:

Gunakan sabun khusus untuk mencuci botol

Gunakan sabun khusus pembersih botol dan peralatan bayi yang memiliki formula 100% food grade yang aman untuk bayi, punya stain removal yang dapat menghilangkan sisa lemak susu yang sering menibulkan bau pada botol bayi, dan juga pilih sabun pembersih botol yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, karena busa biasanya menandakan bahwa sabun tersebut memiliki kandungan detergent yang tinggi.

Lepas semua komponen dan mulai bersihkan botol dari dasar botol

Yang biasa terjadi, kita tidak melepas semua komponen dan hanya mencuci dibagian tertentu saja, terutama pada leher pengencang dot dan gelang dot. Padahal ternyata di tempat inilah biasanya banyak kotoran dan kuman menempel yang menjadi sumber penyakit. Jadi, pastikan untuk membuka semua elemen botol dan bersihkan satu persatu agar steril.

Gunakan sikat botol dan spon khusus untuk mencuci botol

Gunakan spons berbeda untuk mencuci botol dan peralatan bayi, dan jangan dicampur dengan spons yang biasa dipakai untuk mencuci peralatan rumah tangga lainnya. Hal ini bertujuan agar spons yang khusus digunakan untuk mencuci botol tidak terkontaminasi kuman atau bakteri dari sisa mencuci peralatan rumah tangga lainnya.

Bilas hingga bersih, keringkan dan sterilkan

Penting untuk membilas botol hingga bersih agar tidak ada sisa sabun yang tersisa dan pastikan juga proses pengeringan botol benar agar tidak timbul jamur pada botol. Lebih baik lagi jika botol juga disterilkan agar dapat dipakai kembali.Kita harus memastikan botol susu yang dipakai benar-benar steril dari kuman dan bakteri, agar bayi tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Setelah Melahirkan, Wajarkah Produksi ASI Ibu Sedikit?
Artikel Selanjutnya
Cara Memancing Produksi ASI agar Maksimal