Sukses

Kemenkes Tegaskan Peserta JKN Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Informasi mengenai terhentinya kerja sama BPJS Kesehatan dengan beberapa rumah sakit pada awal 2019 berpengaruh pada masyarakat. Namun, Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Oscar Primadi menegaskan agar masyarakat tak perlu resah akan hal tersebut. Oscar mengatakan, masyarakat tetap akan mendapat pelayanan seperti biasa.

"Masyarakat khususnya peserta JKN tidak perlu resah karena tetap akan mendapatkan pelayanan seperti biasa," kata Oscar di Jakarta pada 4 Januari 2019.

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat rekomendasi kepada BPJS Kesehatan untuk memperpanjang kontrak dengan rumah sakit-rumah sakit yang bekerja sama. Oscar menyatakan, surat tersebut tertuang dalam Surat Menteri Kesehatan Nomor HK.03.01/Menkes/18/2019 yang dikeluarkan pada tanggal 4 Januari 2019.

Mengutip laman sehatnegeriku, melalui surat tersebut diharapkan semua rumah sakit yang sebelumnya menghentikan pelayanan terkait BPJS Kesehatan sudah mulai lagi melakukan pelayanan pada pasien JKN.

"Dengan rekomendasi tersebut, semua RS yang bekerja sama dengan BPJS Keseahtan tanpa terkecuali tetap bisa melakukan pelayanan," tegas Oscar. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Syarat Wajib Kerja Sama RS dengan BPJS Kesehatan

Sebelumnya BPJS Kesehatan menyatakan, sertifikasi akreditasi menjadi prasyarat wajib bagi setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pada 2019.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam melakukan seleksi dan kredensialing, BPJS Kesehatan melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat dan Asosiasi Fasilitas Kesehatan. Kriteria teknis yang menjadi pertimbangan dalam menyeleksi fasilitas kesehatan yang ingin bergabung antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan.

Sandi Janji Atasi Utang Emak-Emak Rumah Tangga

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Akreditasi, Syarat Wajib Kerja Sama Rumah Sakit dengan BPJS Kesehatan pada 2019
Artikel Selanjutnya
[Tanya BPJS Kesehatan] Bagaimana Cara Kembali Aktifkan Kartu JKN-KIS?