Sukses

10 Cara Praktis Kembalikan Percikan Asmara dalam Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menikah, percikan asmara yang ada antara Rendi dan Dara begitu membara. Di awal-awal pernikahan pun masih ada. Namun, sesudah tujuh tahun pernikahan berjalan Rendi merasakan rasa cinta mulai hilang.

Ketika dua insan manusia sudah disibukkan dengan mengurus anak, acara arisan di kompleks, dan membayar tagihan listrik dan KPR bisa membuat hubungan asmara suami istri memudar. Itu sebabnya, perlu menjaga agar percikan asmara tetap menyala.

Namun, tak perlu merasa bersalah bila kini seperti Rendi. Menurut peneliti di bidang pernikahan, John Gottman, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan getaran cinta dalam kehidupan pernikahan.

Berikut 10 cara sederhana yang membantu Anda dan pasangan kembali merasakan percikan asmara seperti dilansir Your Tango, Senin (17/12/2018).

1. Jadwalkan kencan dan kejutan

Titipkan anak sebentar ke orangtua atau mertua. Lalu, ajak pasangan kencan layaknya dulu masih berdua. Jangan lupa, siapkan kejutan untuk si Dia. Tak perlu jam tangan mewah atau tas branded. Hal sederhana juga bisa membuat senang.

2. Praktikkan bersyukur 60 detik

Jadikan bersyukur sebagai kebiasaan. Bisa pada pagi atau malam hari sebelum tidur untuk mensyukuri kehidupan dan arti kehadiran pasangan dalam hidup Anda.

 

 

2 dari 4 halaman

3. Kirim pesan romantis atau menggoda

 

Ada pasangan yang saat pacaran kerap mengirimkan puisi pendek ke pacar. Nah, lakukan hal yang sama kepada pasangan.

4. Jadikan foreplay sebagai prioritas

Saat bercinta fokuslah pada sesi foreplay alias pemanasan. Sentuhan fisik seperti elusan, pelukan dan ciuman meningkatkan produksi hormon oksitosin yang membuat hubungan emosi makin kuat.

5. Tunjukkan rasa sayang ke pasangan di hadapan orang lain

Tak perlu malu menunjukkan rasa sayang ke pasangan di depan publik. Seperti menggandeng tangan atau merapikan rambutnya yang berantakan.

3 dari 4 halaman

6. Mulai melakukan hobi bersama-sama

Rutinitas tentu bisa membuat jenuh. Nah, ini jadi ajang menggali sesuatu yang disukai. Misalnya menjajal main gitar bersama atau melukis.

7. Piknik berdua

Kapan terakhir kali pergi berdua? Liburan ke suatu tempat berdua akan mengembalikan lagi asmara Anda dan dia.

8. Patok mimpi yang sama

Walau masing-masing orang memiliki kesukaan berbeda, banyak pasangan pasti ada kesamaan. Misalnya mimpi untuk meraih strata pendidikan yang lebih tinggi atau memiliki rumah baru.

4 dari 4 halaman

9. Fokus beri perhatian pada pasangan bukan gawai

Tatap matanya saat ia bercerita tanpa memegang HP atau menonton televisi.

10. Pelajari hal baru tentang pasangan

Manusia itu berubah, termasuk pasangan Anda. Coba kenali hal yang baru tentang pasangan Anda.