Sukses

Tidur Tanpa Pakai Bra, Apa Efeknya?

Tidur malam tanpa mengenakan bra, apakah berdampak buruk pada payudara atau implikasi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Para wanita mungkin penasaran, tidur tanpa mengenakan bra. Terkadang muncul pikiran kalau tidak memakai bra bisa membuat  payudara kendur. Apa iya begitu?

Menurut dokter Seth Rankin dari London Doctors Clinic payudara mengendur adalah fakta kehidupan yang tak terelakkan bagi wanita seiring bertambah tua. Kendur dikarenakan jaringan ikat yang menyokong payudara kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu.

Sebagaimana dilansir dari Cosmopolitan UK, Jumat (14/1/22018), Rankin mencatat, ada berbagai faktor yang dapat berkontribusi menurunkan kekenduran payudara, termasuk kehamilan dan menyusui, genetika, merokok, dan penurunan berat badan yang ekstrem.

Tidur tanpa mengenakan bra belum tentu menjadi penyebab utama payudara kendur.

"Kendur disebabkan gravitasi ke bawah yang dipengaruhi massa payudara. Makanya, payudara yang lebih besar akan mengendur lebih banyak. Karena ada lebih banyak lemak di dalam jaringan yang dipengaruhi gravitasi," lanjut Rankin.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidur pakai bra

Tujuan wanita mengenakan bra saat tidur untuk tetap menyokong payudara dari bawah. Namun, hal tersebut akan membuat payudara tertekan ke dada.

Jika bra Anda terlalu ketat, maka yang terjadi mungkin akan membatasi suplai darah ke payudara dan daerah sekitarnya.

"Bra yang ketat juga dapat membatasi aliran getah bening ke kelenjar getah bening penting di sekitar payudara dan ketiak. Ini akan menghambat fungsi vital sistem pembersihan limbah beracun dari tubuh," jelas Rankin.

Pilihan terbaik, menurut Rankin adalah menghindari pakai bra selama tidur malam. Yang pasti permasalahan payudara kendur bukan karena tidur tanpa bra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.