Sukses

Gunakan Ponsel, 10 Etika Ini Harus Dipatuhi (2)

Agar Anda terlihat lebih sopan dan tidak mengganggu orang lain, ada beberapa etika yang harus dipatuhi saat menggunakan ponsel

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan ponsel berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. Di sisi lain, melakukan hal tersebut bisa membuat seseorang menjadi terlihat mengabaikan dan tidak sopan terhadap lingkungan sekitarnya.

Karena itu, ada beberapa kondisi yang tidak memerlukan Anda untuk membuka ponsel. Dilansir dari Reader's Digest pada Rabu (12/12/2018), berikut ini bagian kedua dari 10 etika penggunaan ponsel.

6. Mematikan ponsel di tempat ibadah dan bioskop

Tempat-tempat ibadah adalah lokasi yang seharusnya mendekatkan diri dengan Yang Kuasa, bukan dengan orang lain lewat media sosial. Karena itu, di tempat-tempat ibadah baik gereja, kuil, atau masjid, ahli gawai Amy Rice mengatakan lebih baik untuk mematikan ponsel Anda.

Selain itu, jika Anda sedang berada di dalam bioskop atau teater, Rice juga meminta orang untuk mematikan ponsel. Apabila Anda membuka ponsel di dalam tempat gelap, sekalipun tidak melakukan apapun, ini jelas mengganggu kenyamanan orang lain yang sedang menonton.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menelepon di depan banyak orang

7. Hindari menelepon di ruang tunggu

Ruang tunggu merupakan tempat yang ramai dan berisik. Ini bukan tempat yang kondusif untuk berbicara melalui telepon. Rice menyarankan untuk meninggalkan terlebih dulu ruang tunggu agar tidak mengganggu orang lain.

8. Hindari menggunakan ponsel di transportasi umum

Rice mengatakan, di transportasi umum, orang-orang seringkali berada dalam kondisi stres, terburu-buru, atau kelelahan. Sehingga, terkadang mereka hanya ingin sampai di tempat tujuan tanpa terganggu percakapan Anda dengan orang lain.

"Bersikaplah sopan ketika Anda berada di tempat umum, nikmatilah suasana dan teman-teman Anda, tetapi yang paling penting, cerdaslah dalam berperilaku soal ponsel," kata Rice.

 

3 dari 3 halaman

Suara saat menelepon

9. Pelankan suara saat menelepon di depan banyak orang

Jika dalam artikel sebelumnya, Anda disarankan untuk tidak berteriak saat menggunakan ponsel, ini adalah kelanjutannya. Anda lebih baik menurunkan suara saat melakukan panggilan di depan banyak orang. Jika Anda tidak ingin mendengar percakapan orang lain, mereka juga merasakan hal yang sama.

10. Jangan menerima panggilan di tengah percakapan tatap muka

"Ponsel bisa menghancurkan semua hubungan interpersonal Anda," kata ahli keuangan, parenting, dan etika Brett Graff.

"Anda seharusnya, bahkan tidak memberikan waktu untuk ponsel saat berbicara dengan seseorang di pesta atau makan malam," tambahnya. Karena itu, pikirkan juga bagaimana perasaan lawan bicara Anda jika itu terjadi pada Anda. Sehingga, jangan lakukan hal tersebut pada orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.