Sukses

Tanggapan Dokter tentang Bocah yang Nyanyikan Lagu Blackpink Saat Diimunisasi

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari yang lalu aksi bocah asal Kediri, Jawa Timur menjadi viral. Bocah bernama Pio itu mengatasi rasa takut diimunisasi difteri di sekolah dengan menyanyikan lagu Ddu-Du Ddu-Du milik girlband Korea, Blackpink.

Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis anak Margareta mengungkap kalau cara yang dilakukan Pio memang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian anak saat disuntik. Apalagi yang dinyanyikan lagu dari girlband kesukaannya, Blackpink.

"Bernyanyi bisa dilakukan saat anak sedang disuntik. Ini semacam mengalihkan perhatian dari rasa takutnya," ungkap dr Margareta.

 

 

2 dari 2 halaman

Beri penjelasan pada anak

Suntikan yang diberikan dokter atau petugas kesehatan, tentunya dimaksudkan untuk membawa efek positif bagi anak. Untuk imunisasi misalnya, demi menjaga kekebalan tubuhnya dari penyakit tertentu.

Menurut Margareta, orangtua harus memberikan pengertian tersebut pada anak. Untuk yang sudah besar, sudah bisa mengerti jika diberi penjelasan itu. Hal ini penting agar ia tak takut apalagi trauma disuntik.

"Jangan ditakut-takuti dengan suntikan. Ibu juga bisa membuat simulasi menyuntik seperti dokter agar anak tak terlalu kaget atau takut," katanya.

Intinya, jangan membuat anak malah takut disuntik. Tanamkan pada anak kalau rasa nyeri yang muncul akibat suntikan hanya sebentar tapi efeknya begitu besar bagi kesehatan.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

Artikel Selanjutnya
Dinikahi Pria 84 Tahun, Kecantikan Perempuan 48 tahun Ini Banyak Dipuji
Artikel Selanjutnya
Sosok di Balik Pernikahan Pria 84 Tahun dengan Wanita 48 Tahun yang Viral di Medsos