Sukses

Tertera di Al-Quran, Anak pun Bisa Jadi Musuh Orangtuanya

Anak tak selamanya bisa jadi sahabat, tapi suatu saat bisa menjadi musuh bagi ibu dan ayahnya

 

Liputan6.com, Jakarta Tak selamanya seorang anak akan menjadi teman yang baik bagi orangtuanya. Di Al-Quran pun dijelaskan bahwa si Kecil bisa menjadi musuh untuk ibu dan ayahnya. 

Buah hati bagi banyak orangtua merupakan anugerah yang luar biasa dan rezeki yang begitu besar dari Allah SWT. Juga amanah yang harus dijaga karena bakal diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat.

Sepatutnya sebagai orangtua kita mengajarkan akhlak dan agama sebagai 'modal' anak untuk menjadi muslim/muslimah yang taat. Hal ini tidak mudah. Allah SWT memperingatkan dalam Alquran, anak memang bisa menjadi perhiasan orangtua.

Dikutip dari Bincang Syariah, tertulis dalam surah Al-Kahfi ayat 46 "harta dan anak merupakan perhiasan kehidupan di dunia" . Maksudnya adalah anak yang baik akan mengharumkan nama orangtua dan mengangkat derajatnya begitu pun sebaliknya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Musuh Orangtuanya

Anak juga bisa jadi sebaliknya, yaitu musuh orangtuanya. "Hai orang-orang yang beriman, sungguh di antara isteri dan anak-anakmu bisa jadi musuh" tertulis dalam surah At-Taghabun ayat 14.

Perseteruan Nabi Nuh dengan anaknya adalah salah satu contoh anak yang juga berperan sebagai musuh. Atas dasar sayang kepada anak tidak sedikit orang tua yang menghalalkan segala cara demi membahagiakan anaknya.

Banyak orangtua yang melakukan perilaku-perilaku yang dilarang seperti manipulasi, korupsi dan sebagainya. Maka waspadalah!

Penulis : Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.