Sukses

17 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat, Mudah dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut sehat dan indah merupakan dambaan banyak orang. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa memiliki rambut yang diinginkan, bahkan tak sedikit yang mengeluh sulit untuk menumbuhkan rambut. Saking pentingnya memiliki rambut yang lebat, berbagai cara menumbuhkan rambut pun dilakukan.

Kerontokan rambut pada umumnya bersifat sementara, dan merupakan cara tubuh untuk menyesuaikan diri akibat pengaruh faktor-faktor tersebut. Pertumbuhan rambut akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh, biasanya dalam waktu 6 hingga 9 bulan. 

Kerontokan rambut paling umum disebabkan oleh stres emosional dan stres fisik yang terima tubuh dari paparan radikal bebas dari polusi lingkungan. Rambut juga rentan rontok ketika Anda sakit (misalnya demam tinggi), setelah melahirkan, berhenti menggunakan pil KB, mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, hingga pemulihan pasca operasi. Selain itu kesulitan untuk menerapkan cara menumbuhkan rambut juga dapat disebabkan banyak faktor, seperti usia dan gaya hidup. 

Rambut terbuat dari keratin, protein khusus yang diproduksi dalam akar rambut (folikel). Setiap kali folikel memproduksi sel rambut yang baru, sel rambut yang lama akan terdorong keluar dari lapisan kulit kepala. Rambut yang bisa Anda lihat saat ini di kepala sebenarnya adalah kumpulan untaian sel keratin yang sudah mati.

Meskipun sejauh ini tidak ada metode instan sebagai cara menumbuhkan rambut dalam semalam, namun ada beberapa cara yang bisa yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat.

Cara menumbuhkan rambut yang paling efektif adalah dengan memastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Beberapa zat gizi dalam makanan yang dapat membantu mengurangi rambut rontok, yaitu: 

Omega 3 dan 6

Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond; ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden; buah dan sayuran hijau semisal alpukat dan bayam merupakan beberapa contoh sumber asam lemak omega-3. Sementara omega-6 lebih banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan mede.

Anda juga bisa mencukupi kebutuhan asam lemak esensial tubuh lewat asupan suplemen. Penelitian yang dilakukan pada 120 wanita menyatakan bahwa kelompok yang mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung omega 3 dan 6 cenderung mengalami kerontokan rambut yang lebih sedikit.

B5 dan biotin

Asupan biotin membantu memelihara rambut tetap sehat, kuat, tebal, dan halus bercahaya. Sumber makanan kaya biotin termasuk kuning telur, kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, kacang polong, dan almond), keju, hingga ubi jalar.

Selain didapat lewat makanan segar, biotin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B5 dan biotin mampu menurunkan kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut.

Vitamin C

Selain terkenal karena manfaatnya yang menjaga stamina tubuh, efek antioksidan vitamin C juga dapat membantu menjaga kekuatan dan kilau alami rambut. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen rambut. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk dan nanas, atau dari suplemen.

Selain memperhatikan asupan nutrisi harian, ada beberapa cara menumbuhkan rambut dengan cepat lainnya. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara menumbuhkan rambut dengan cepat.

2 dari 7 halaman

Stimulasi kulit kepala dan mengoleskan minyak

1. Stimulasi kulit kepala

Merangsang kulit kepala merupakan hal penting sebagai cara menumbuhkan  rambut dengan cepat. Caranya, gunakan sikat lembut untuk merangsang kulit kepala pada pagi dan sore hari. Sikat sebanyak 50 kali, dengan gerakan yang sama dari ujung ke akar.

Selanjutnya, dengan menggunakan jari tangan, pijat kulit kepala Anda untuk merangsang sirkulasi dan mengeluarkan racun. Untuk hasil yang optimal Anda bisa memijat kepala dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

2. Mengoleskan minyak esensial pada rambut 

Studi yang dilakukan pada sekelompok pria berambut rontok membuktikan bahwa meneteskan minyak biji labu ke dalam sampo bisa meningkatkan ketebalan rambut hingga 40 persen. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba untuk mendapatkan manfaat menumbuhkan rambut secara alami. 

Minyak esensial lainnya yang juga memiliki manfaat sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat yaitu minyak rosemary dan peppermint. Perlu diingat, hindari meneteskan minyak esensial ke kulit secara langsung. Anda wajib mengencerkan minyak esensial dengan minyak lain, umumnya minyak zaitun, untuk menghindari iritasi. Minyak lain yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan berbarengan dengan minyak esensial yakni minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

 

3 dari 7 halaman

Pangkas ujung rambut, pakai masker telur dan bawang merah

3. Pangkas ujung rambut

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan memangkas ujung rambut. Hal ini untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Anda tak perlu memangkas semuanya, setidaknya buang ujung rambut yang mengalami kerusakan.

Menggunakan masker sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat

4. Masker telur

Salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat adalah dengan menggunakan masker rambut. Selain membantu menumbuhkan rambut dengan cepat, menggunakan masker rambut juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga agar rambut Anda tetap sehat dan terlihat lebih bersinar. Selain menggunakan, masker rambut yang dijual di pasaran, Anda bisa membuat sendiri masker telur dengan menggunakan telur. Berikut cara menumbuhkan rambut dengan cepat dengan masker telur.

Caranya kocok telur utuh dan 1 sendok makan mintak zaitun sampai bercampur sempurna. Kemudian, oleskan campuran ini ke rambut. Pastikan benar-benar menutupi rambut dengan campuran ini. Biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air dingin dan shampo. Bersihkan rambut dan biarkan hingga kering. Ulangi proses ini sekali atau dua kali seminggu.

5. Bawang merah

Bumbu masakan satu ini adalah obat penumbuh rambut di daerah kebotakan. Hal ini karena bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Selain itu, ia juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan bawang merah adalah haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat digunakan sebagai agen pertumbuhan rambut alami.

4 dari 7 halaman

Minyak Zaitun, seledri dan lidah buaya.

6. Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun cukup dikenal memiliki segudang manfaat dalam bidang kecantikan. Salah satunya dalam hal perawatan rambut. Hal ini karena minyak zaitun tinggi akan kandungan vitamin E. Nah, cara menumbuhkan rambut dengan cepat adalah dengan

rutin mengolesi minyak zaitun di rambut dan kulit kepala. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, maka perlahan-lahan daerah di kepala yang botak akan mulai kembali ditumbuhi rambut.

7. Seledri 

Tanaman seledri terkenal akan kandungan vitamin A, B, serta mineral natrium dan kalsium yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Untuk menggunakan seledri sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat yakni, ambil beberapa helai daun seledri segar lalu bersihkan. Kemudian haluskan daun seledri dengan cara menumbuknya atau menggunakan blender dengan campuran sedikit air bersih.

Setelah itu, oleskan daun seledri ke rambut dan kulit kepalamu secara merata. Untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri, lebih baik bersihkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan maskernya. Lalu diamkan selama 45 menit-1 jam agar vitamin dan mineral yang ada pada daun seledri dapat terserap dengan sempurna oleh kulit kepala dan rambut. Lalu bersihkan kembali rambut dengan air bersih dan tanpa menggunakan shampoo.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan solusi andalan dalam hal perawatan rambut. Tak heran, banyak produk perawatan seperti shampoo dan conditioner yang mengandung ekstrak daun lidah buaya. Hal ini karena kandungan yang ada pada lidah buaya dipercaya oleh para ahli terbukti ampuh merawat kesehatan rambut termasuk melebatkan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan lidah buaya, yakni ambil gel yang ada pada daun lidah buaya. Kemudian oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepalamu. Diamkan selama 1 jam lalu bersihkan. Untuk hasil yang maksimal, oleskanlah gel tersebut pada malam hari saat mau tidur dan bersihkan pada keesokan harinya

5 dari 7 halaman

Jeruk nipis, minyak kemiri, dan cuka apel.

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe yang seringkali menjadi penyebab rambut rontok. Ambillah beberapa tetes jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit air bersih. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepalamu secara merata, terutama pada daerah yang botak. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan.

10. Minyak Kemiri

Minyak kemiri juga berfungsi sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Caranya, oleskan minyak kemiri secara rutin setiap hari sebelum tidur dan lihat bagaimana cepatnya pertumbuhan rambut Anda. Cara menumbuhkan rambut dengan minyak kemiri ini juga dapat dilakukan pada rambut bayi. 

11. Cuka Apel 

Manfaat cuka apel untuk rambut bisa membantu pertumbuhan rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan menggunakan cuka apel yakni, campur tiga sendok cuka apel dengan satu sendok air. Lalu masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Setelahnya, semprotkan pada rambut setiap kali mandi, tunggu kira-kira 1-2 menit lalu bilas. Gunakan maksimal selama tiga hari dalam seminggu dengan terus memperhatikan perubahan panjang rambut.

Bawang merahBumbu masakan satu ini adalah obat penumbuh rambut di daerah kebotakan. Hal ini karena bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Selain itu, ia juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan bawang merah adalah haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat digunakan sebagai agen pertumbuhan rambut alami.

6 dari 7 halaman

Daun Jambu Biji, alpukat dan wortel

12. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji rupanya dapat Anda gunakan sebagai perawatan rambut sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Caranya, rebus daun jambu biji, lalu gunakan air rebusannya (yang telah dingin) untuk dibilaskan ke rambut. Bermanfaat mengatasi rambut rontok dan membuatnya kuat kembali. 

Mengonsumsi makanan sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat

13. Alpukat

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat lainnya adalah dengan rutin mengonsumsi Alpukat. Tinggi akan antioksidan dan merupakan sumber vitamin B dan E, alpukat mampu menguatkan rambut dan membantu mencegah kerusakan. Alpukat dapat dinikmati sebagai jus, salad, atau isian sandwich. Selain itu, alpukat juga bagus dijadikan masker rambut buatan sendiri di rumah. 

14. Wortel

Dengan kandungan vitamin C dan E, wortel sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan dan mempertebal rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan wortel adala minum 3 ons wortel yang dijadikan jus. Terapkan kebiasaan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

 

7 dari 7 halaman

Walnutm cokelat hitam, dan protein.

15. Walnut

Kacang yang nikmat dijadikan cemilan ini ternyata menyehatkan. Walnut merupakan sumber omega 3, biotin, protein, copper, dan vitamin E, yang semuanya efektif sebagai cara menumbuhkan rambut yang sehat berkilau sekaligus melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari. 

16. Cokelat Hitam

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan rajin mengonsumsi cokelat hitam. Kandungan mineral seperti zinc, copper, dan iron di dalam cokelat hitam bermanfaat menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut.

17. Mengonsumsi protein

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat tak selalu butuh nutrisi dari luar. Anda juga perlu memperhatikan apa yang Anda makan jika ingin memiliki rambut yang tebal dan indah. 

Tahukah Anda bahwa makanan bisa membuat perbedaan yang besar untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda? Sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat, pastikan untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, serta daging merah ke dalam menu diet seimbang Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kebijakan Ahok Benahi Jakarta, Gusur Lokalisasi hingga Gagas Karya Monumental
Artikel Selanjutnya
Minimal Lulusan SMP, Cek Info Lengkap Penerimaan TNI 2020