Sukses

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Liputan6.com, Jakarta Manusia di zaman modern tidak lepas dari perkembangan teknologi dan penggunaan gawai. Tatapan mata masyarakat zaman sekarang, seseorang saat ini seakan benar-benar terikat akan layar monitor apa pun itu bentuknya, mulai dari layar televisi, monitor komputer, dan gawai. 

Sayang, manusia kerap tak sadar bahaya kebiasaan menatap monitor terhadap penglihatan. Tidak hanya merusak mata, ini juga bisa menurunkan tingkat produktivitas.

Mengutip tulisan dokter Nathan Bonilla-Warlord, OD, seorang penyedia layanan kesehatan mata di Tampa, Florida, Amerika Serikat di Mashable, Kamis (11/10/2018), berikut ini beberapa cara menjaga penglihatan dari bahaya penggunaan monitor berlebihan.

1. Sesuaikan lingkungan Anda

Anda dapat menyesuaikan lingkungan saat menggunakan perangkat digital agar mata lebih sehat. Jika memungkinkan, gunakan monitor besar untuk mengurangi ketegangan mata.

Pastikan kursi berada di dekat dengan komputer dan duduk dengan dukungan punggung bawah yang memadai. Pastikan Anda duduk dengan nyaman.

Selain itu, pastikan juga Anda merasa nyaman sebelum menggunakan gawai. Hal ini akan mengurangi tingkat stres di mata karena mencari sudut pandang yang paling baik.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 5 halaman

2. Pencahayaan

Pencahayaan tidak hanya dari komputer namun juga ruangan. Pastikan cahaya tidak berlebihan karena bisa mengiritasi mata dan menegang.

Apabila menggunakan lampu meja, pastikan dia menyinari meja bukan Anda. Selain itu, cobalah duduk di samping jendela, bukan di depan atau belakang Anda. Gunakan juga tirai atau layar untuk mengurangi kesilauan. Posisikan layar komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di atas kepala.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

3 dari 5 halaman

3. Sesuaikan sudut baca Anda

Sesuaikan layar sehingga Anda melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci (sekitar 61 sampai 71 centimeter).

Selain itu, tengahnya harus berada di sekitar 4 sampai 6 inci (6 sampai 15 centimeter) di bawah mata Anda. Pastikan layar cukup besar dan dengan kecerahan serta kontras yang tepat.

4 dari 5 halaman

4. Perbesar teks di layar

Bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, memperbesar teks dan gambar di perangkat bisa membantu penglihatan. Hampir setiap perangkat bisa disesuaikan untuk menampilkan teks yang lebih besar.

 

5 dari 5 halaman

5. Berkedip dan sering istirahat

Perangkat memang bisa digunakan tanpa istirahat, tapi Anda bukanlah mesin yang tidak butuh rehat.

Penglihatan Anda butuh istirahat. Gunakan aturan "20-20-20". Setiap 20 menit, istirahat 20 detik, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter).

Selain itu, jangan lupa berkedip. Ini adalah cara mencuci mata secara alami dengan air mata. Jika Anda memakai kacamata, pastikan memiliki lensa yang tepat untuk komputer.

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Bukti Anak Indonesia Sadar Pentingnya Jaga Kesehatan Mata
Artikel Selanjutnya
Bersama Teman-Teman, Anak Sulung Ahok Bikin Video Pendek soal Kesehatan Mata