Sukses

Pakai Bahasa Isyarat, Jokowi Resmi Membuka Asian Para Games 2018

Presiden RI Jokowi hadir dan membuka ajang Asian Para Games 2018. Tak hanya menggunakan bahasa Indonesia, juga bahasa isyarat.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka ajang Asian Para Games 2018 pada Sabtu, 6 Oktober 2018. Uniknya, dalam pembukaan kali ini ia juga menyertakan bahasa isyarat.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran bapak, ibu, saudara, tamu-tamu istimewa dari 43 negara," tutur Jokowi di awal pidato Opening Ceremony Asian Para Games 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Jokowi berharap lewat ajang olahraga bagi para disabilitas se-Asia ini bukan sekadar pertandingan semata, juga memupuk persaudaraan. Lewat Asian Para Games, para atlet yang tampil menunjukkan kegigihan dan prestasi tinggi serta menjunjung kemanusiaan.

 

Kemudian, dalam membuka perhelatan ini ia tak hanya menggunakan bahasa Indonesia juga bahasa isyarat.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Saya nyatakan dengan resmi Asian Para Games 2018 dibuka. Selamat berjuang dan sukses," kata Jokowi sambil menggerakan tangannya.

Ketika mengucapkan sukses, Jokowi membuka tangan kanan dan kiri lalu masing-masing ibu jarinya diangkat.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini