Sukses

Tahu Orang Terdekat Depresi, Bantu dengan 7 Cara Ini

Saat kita mengetahui ada saudara atau bahkan orang terdekat positif depresi, lakukan tujuh cara ini agar hidup mereka tidak berakhir dramatis.

Liputan6.com, Jakarta Depresi adalah penyakit mental yang tidak hanya membutuhkan bantuan seorang profesional, tapi juga dorongan dan dukungan dari orang terdekat.

Konsultan Asosiasi dari Departemen Psikiatri Singapore General Hospital (SGH), Dr Poon Shi Hui, menyarankan, supaya kita tidak 'meminta' orang yang depresi untuk melupakan semua hal yang terjadi atau sekadar mengatakan 'jangan terlalu dipikirkan'.

"Sebenarnya, mereka sangat ingin melakukan itu tapi kenyataannya mereka tidak bisa," kata Poon Shi Hui dikutip dari Singapore Health Center pada Sabtu, 28 September 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Cara Bantu Orang dengan Depresi

Poon Shi Hui, melanjutkan, bukan hanya itu yang bisa kita lakukan. Setidaknya, ada tujuh cara membantu seseorang dengan depresi.

1. Berikan telinga Anda untuk mendengar semua keluh kesah mereka. Jangan beri penilaian, cukup jadi pendengar yang baik.

2. Ajak mereka berolahraga ringan guna meningkatkan kadar hormon kebahagian

3. Bantu mereka untuk keluar dari rasa malas. Sebisa mungkin bikin mereka tetap sibuk guna meningkatkan kualitas tidur.

4. Awasi setiap gerak-gerik orang yang diketahui positif depresi.

5. Bantu mereka mencari bantuan profesional. Apalagi jika mereka sampai punya pemikiran untuk bunuh diri.

6. Perhatikan pula konsumsi obat-obatan antidepresan yang diberikan dokter. Dengan rutin mengonsumsi obat-obat antidepresan, neutransmiter di otak berfungsi baik.

7. Perawatan psikologis supaya orang yang depresi tersebut mau lebih terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi