Sukses

Dampak Terlalu Asyik Main Ponsel Ketimbang Ajak Anak Bicara

Fokuslah mengajak anak bicara ketimbang terlalu asyik bermain ponsel

 

Liputan6.com, Jakarta Segera hilangkan kebiasaan buruk lebih memilih fokus dengan ponsel yang ada di tangan ketimbang mengajak anak bicara. Bila dibiarkan, akan menimbulkan dampak bagi tumbuh dan kembang si Kecil.

Anak-anak yang orangtuanya sering bersikap 'menduakan' dengan ponsel cenderung memiliki sikap yang sangat sensitif, mudah marah, hiperaktif dan terbiasa merengek. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim dari Illinois State University.

" Peningkatan penggunaan teknologi digital dapat memengaruhi hubungan orangtua-anak. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak lebih mungkin untuk menampilkan perilaku mencari perhatian ketika orangtua sedang fokus dengan hal yang berbau digital," ujar Brandon McDaniel, salah satu peneliti dari Illinois State University, dikutip dari Fatherly.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokuskan Pikiran

Ia pun menyarankan saat di rumah bersama anak-anak, orangtua harus memfokuskan pikiran dan fisik. Terutama ketika anak sangat membutuhkan kehadirannya, seperti saat membicarakan hal pribadi atau meminta bantuan mengerjakan tugas sekolah.

Jangan sampai anak selalu merasa 'nomor dua' ketika orangtuanya menggunakan ponsel. Kondisi ini akan sangat menganggu perkembangan psikologisnya.

Anak bisa jadi merasa tak penting dan berpengaruh buruk pada kepercayaan dirinya. Hal ini pun bisa langsung berdampak pada perubahan perilakunya.

 Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.