Sukses

Anda Merasa Kegemukan Itu Turunan? Cek dengan Ini

Anda bisa mengetahui , apakah alami obesitas bawaan atau tidak dengan cara pemeriksaan hormon.

 

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengetahui, apakah Anda mengalami obesitas (kelebihan berat badan) bawaan, yakni dengan pemeriksaan hormon. Obesitas bawaan perlu diperhatikan karena berkaitan gen atau hormon.

Saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, pakar gizi sekaligus Sekretaris Indonesia Nutritional Association (INA), Saptawati Bardosono mengungkapkan, obesitas bawaan ditandai dengan berat badan anak tidak turun-turun.

"Beberapa anak yang dikasih obat atau segala upaya buat turunkan berat badan, tapi berat badan dia itu enggak turun-turun. Ini karena ada permasalahan pada hormonalnya," ungkap Tati, sapaan akrabnya, ditulis Selasa (21/8/2018).

Bila ditemukan ada masalah di sistem endokrin, pasien bisa diterapi hormon. Yang tak kalah penting, penanganan obesitas tiap individu berbeda-beda. Tidak bisa disamaratakan, semua orang yang obesitas harus diet 1.700 kalori per hari.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teliti gen

Dalam pemeriksaan hormon, gen atau genetika pun bisa ikut diteliti. Apakah gen yang ada di tubuh berkualitas baik atau buruk.

"Bisa diteliti, apakah gennya tinggi lemak atau karbohidrat. Kalau kita sudah tahu soal gennya, penanganan obesitas bawaan bisa dilakukan. Diet-diet yang bagaimana yang cocok," Tati melanjutkan.

Sayangnya, pemeriksaan gen terkendala pada biaya yang sangat mahal.

"Masalahnya periksa genetik ini mahal sekali. Mahal banget malah," ucap Tati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.