Sukses

Asian Games 2018, Kemenkes RI Keluarkan Informasi Kesehatan untuk Wisatawan Asing

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018 resmi digelar sejak Sabtu, 18 Agustus 2018. Menjadi tuan rumah bagi ajang internasional itu, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mengeluarkan informasi kesehatan bagi orang asing yang akan berkunjung ke Indonesia selama Asian Games.

Risiko penularan penyakit semakin meningkat dengan tingginya mobilitas dan frekuensi individu dari satu negara ke negara lain, contohnya seperti dalam perhelatan Asian Games 2018.

Itu sebabnya, atlet, pejabat, maupun pengunjung dari mancanegara perlu memerhatikan informasi kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Hal ini bertujuan meminimalisasi kemungkinan penularan penyakit atau mengalami kecelakaan selama berada di Indonesia. 

Ada satu hal yang dilarang bagi pengunjung selama perhelatan Asian Games 2018, yakni merokok dalam bentuk apa pun. Mengutip laman depkes.go.id, para pengunjung yang datang dilarang merokok, baik dalam bentuk vape maupun tembakau di semua tempat di ajang Asian Games 2018 demi kesehatan dan keselamatan bersama. 

Sementara bagi pengunjung yang mengalami gejala atau sakit, harus segera mencari bantuan medis dari penyedia layanan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, di sekitar tempat pertandingan, atau di lokasi penginapan atlet Asian Games 2018.

Selain itu, mereka juga bisa mendatangi rumah sakit rujukan yang ditunjuk dan menghubungi nomor kegawatdaruratan medis melalui 119. 

Adapun hal-hal yang perlu dipahami oleh orang asing yang akan berkunjung ke Indonesia, khususnya selama Asian Games 2018, antara lain penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, influenza, makanan dan penyakit yang bersumber dari air, infeksi menular seksual, serta bencana alam.  

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Indonesia-Arab Saudi Imbau Pentingnya Jemaah Haji Jaga Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Kebun Binatang akan Ramaikan Venue Asian Games di Palembang