Sukses

Cara Mengecilkan Lengan Yang Mudah, Dengan Berolahraga dan Pola Hidup Sehat

Lengan yang bergelambir adalah sesuatu yang seringkali dibenci karena mengganggu penampilan. Apalagi lengan merupakan bagian tubuh yang tetap terlihat meski sudah tertutup baju sekalipun.

Jakarta Lengan yang bergelambir adalah sesuatu yang seringkali dibenci karena mengganggu penampilan. Apalagi lengan merupakan bagian tubuh yang tetap terlihat meski sudah tertutup baju sekalipun. Lengan juga merupakan tempat berkumpulnya lemak tubuh. Lengan besar dan bergelambir memang masalah yang biasa dialami pria maupun wanita.

Tak heran, lengan memang merupakan bagian tubuh yang cenderung akan membesar saat seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Lengan besar bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun seringkali hal ini terjadi karena berat badan yang tak ideal. Berat badan tak ideal yang masuk dalam kategori overweight atau obesitas, menyebabkan lemak-lemak yang tersimpan di tubuh akan disimpan pada area-area tertentu seperti lengan.

Berikut akan kami paparkan deretan cara mengecilkan lengan dengan berolahraga seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu (1/8/2018) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Push-up sempurna

Push-up merupakan salah satu gerakan olahraga yang umum, dan efektif untuk ditempuh sebagai cara mengecilkan lengan. Anda cukup melakukan push-up secara rutin maka dijamin lengan Anda akan semakin mengecil dan terutama tidak bergelambir.

Push-up sempurna adalah salah satu jenis push-up yang paling populer dilakukan oleh kebanyakan orang. Push-up ini membutuhkan tenaga yang besar karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Anda bisa melakukan push-up ini di atas matras sebagai cara mengecilkan lengan. Berikut panduan melakukan push-up sempurna untuk jadi cara mengecilkan lengan

  1. Letakkan kedua telapak tangan di lantai dengan ujung jari kaki sebagai tumpuan.
  2. Buka kaki kira-kira selebar bahu saja untuk menjaga keseimbangan. Usahakan kaki, pinggang, dan kepala dalam keadaan lurus.
  3. Langkah selanjutnya kemudian tekuk lengan bawah dan lengan atas membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong ke atas perlahan.Turunkan lagi badan perlahan sambil membuang nafas.Angkat badan sambil menari napas lalu turunkan badan sambil membuang napas.
  4. Begitu seterusnya.Sebagai awal bagi Anda yang jarang berolahraga, lakukan saja sekuat Anda agar tubuh tidak kaget. Lalu tingkatkan intesitasnya. Hari ini Anda 20 kali push ups, besok ditambah menjadi 25 push-up, lusa ditambah lagi menjadi 30 push-up.
  5. Lakukan secara rutin, lengan Anda akan segera mengecil

 

2. Push-up lutut

Beda dengan push-up sempurna, push-up lutut adalah gerakan push-up yang bertumpu pada lutut. Meski demikian push-up lutut tetap efektif jadi cara mengecilkan lengan.

Posisikan tubuh Anda seperti melakukan push-up sempurna namun dengan lutut sebagai tumpuannya. Lutut memang kurang fleksibel, oleh karena itu Anda bisa mengalasi lutut dengan sesuatu yang empuk seperti bantal.

Bagi Anda yang kelelahan atau tidak mampu melakukan push-up sempurna Anda bisa mencoba posisi ini. Caranya sama saja dengan push-up sempurna tatpi tetap ampuh untuk jadi cara mengecilkan lengan.

3 dari 6 halaman

3. Push-up dinding

Bagi Anda yang kesusahan sekali melakukan push-up sempurna dan push-up lutut, Anda bisa menempuh cara mengecilkan lengan dengan push up, namun dengan bertumpu ke dinding. Tenaga yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada varian push up yang lainnya. Hal ini juga mudah dilakukan bagi Anda yang pemula yang belum sanggup menopang berat badan jika mencoba gaya push-up sempurna.

Caranya sama saja namun bedanya Anda bukan berbaring pada lantai namun menghadap dinding. Anda cukup berdiri lebih jauh dari jangkauan tangan Anda ketika menyentuh dinding dengan telapak tangan. Tempelkan telapak tangan pada dinding. Kemudian perlahan dekatkan wajah pada dinding dengan cara menekuk lengan. Awali dengan 10 kali push-up dinding lalu tingkatkan intensitasnya agar usaha mengecilkan lengan Anda efektif.

 

4. Counter push up

Masih dengan varian push-up yang lain, kali ini Anda bisa push-up sebagai cara mengecilkan lengan, namun menggunakan meja sebagai tumpuannya. Caranya pun sama saja dengan melakukan push-up dinding. Namun demi keamanan, lakukan counter push-up pada meja yang tidak bisa bergeser atau bergerak.

 

5. Lompat tali

Cara mengecilkan lengan tangan berikutnya adalah dengan lompat tali. Olahraga simpel ini ternyata terbukti efektif untuk jadi cara mengecilkan lengan. Tidak hanya lengan, lompat tali juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan paha. Lakukan lompat tali setiap pagi. Terus tingkatkan intensitasnya agar lengan semakin cepat mengecil.

4 dari 6 halaman

6. Barbel

Barbel juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan lengan tangan. Cara mengecilkan lengan tangan dengan barbel mudah saja. Yang Anda butuhkan adalah barbel yang sekiranya Anda kuat untuk mengangkatnya. Bisa dimulai dengan barbel 1 kg. Jika sanggup tingkatkan beratnya setiap minggu.

  1. Cara mengecilkan lengan tangan dengan barbel cukup banyak variasinya. Berikut beberapa di antaranya.
  2. Pegang barbel pada kedua tangan. Bentuk tangan dengan posisi 90 derajat. Angkat barbel bergantian menggunakan tangan kanan lalu tangan kiri.
  3. Pegang barbel pada kedua tangan. Bentuk tangan dengan posisi 90 derajat. Angkat barbel bersamaan.
  4. Pegang barbel pada kedua tangan. Lalu rentangkan tangan. Angkat barbel bergantian tangan kanan dan tangan kiri.
  5. Pegang barbel pada kedua tangan. Lalu rentangkan tangan. Angkat barbel bersamaan. 

 

7. Weighted punch

Barbel masih jadi benda yang jadi rahasia cara mengecilkan lengan. Variasi mengangkat barbel berikutnya yang mudah adalah dengan melakukan weighted punch. Diperlukan 2 buah barbel sebagai pemberat yang dipegang pada kedua tangan Anda. Kemudian Anda seakan melayangkan tinju ke udara secara bergantian tangan kanan dan kiri. Lakukan hingga lengan Anda terasa lelah.

 

8. Bench Dips

Cara mengecilkan lengan tangan selanjutnya adalah dengan cara bench dips. Anda membutuhkan meja atau tumpuan apapun yang tidak bergerak atau bergeser seperti meja atau kursi.

Yang perlu Anda lakukan untuk bench dip adalah sebagai berikut:

  1. Pegang ujung tumpuan dengan kedua tangan yang menghadap ke belakang. Posisikan tubuh Anda pada posisi duduk.
  2. Angkat pantat Anda, majukan beberapa sentimeter ke depan lalu selonjorkan kaki.
  3. Lalu luruskan tangan dan angkat tubuh pada posisi semula.Kemudian tekuk lengan Anda hingga membentuk 90 derajat.
  4. Tahan sampai hitungan ke 8.
  5. Angkat kembali.Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.
5 dari 6 halaman

9. Gerakan memutar tangan

Gerakan memutar tangan merupakan cara mengecilkan lengan tangan yang sederhana dan mudah namun sangat bermanfaat untuk mengecilkan lengan Anda.Caranya, Anda cukup merentangkan kedua tangan lalu putar kedua tangan bersamaan sebanyak 50 kali. Lakukan secara rutin maka lengan Anda akan mengecil secara cepat.

 

10. Gerakan menggunting

Cara mengecilkan lengan tangan yang mudah selanjutnya adalah dengan menerapkan gerakan menggunting. Anda cukup merentangkan kedua tangan dan kaki lalu kemudian silangkan tangan dan kaki secara bersamaan.

 

11. Pull up

Olahraga ringan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pull-up. Yang Anda perlukan adalah tiang atau kusen pintu yang lebih tinggi daripada Anda.

Caranya sederhana saja, pegang tiang atau kusen dengan kedua tangan Anda dengan erat, lalu mulailah secara perlahan mengangkat tubuh Anda. Tahan selama 8 detik atau 8 hitungan kemudian turun.

6 dari 6 halaman

12. Berenang

Berenang adalah salah satu cara mengecilkan lengan tangan yang menyenangkan. Tidak hanya untuk mengecilkan lengan saja, berenang akan melatih seluruh bagian tubuh Anda. Berenanglah minimal 2 kali dalam seminggu agar lebih cepat untuk mengecilkan lengan Anda.

13. Mengonsumsi makanan sehat

tSelain aktivitas yang telah Anda lakukan di atas langkah selanjutnya untuk semakin memudahkan Anda mengecilkan lengan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Memang tidak mudah juga untuk memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh karena hal tersebut akan memicu penambahan lemak dalam tubuh Anda.

Mulailah mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tentu saja menyehatkan, segar dan bernutrisi tinggi untuk membantu menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh.

 

14. Rajin minum air mineral

Pola hidup sehat berikutnya yang bisa jadi cara mengecilkan lengan tangan adalah dengan rajin mengonsumsi air mineral 8 gelas sehari. Dengan rajin dan patuh meminum 8 gelas air mineral tiap hari timbunan lemak dalam tubuh dapat terpecah dengan efektif, dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini