Sukses

Bercermin dari Kasus Anak Denada, Orangtua Harus Tahu 6 Gejala Leukemia Ini

Putri semata wayang Denada, Shakira Aurum, didiagnosis Leukemia oleh dokter. Kini, anaknya tengah menjalani perawatan di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Kasus kanker pada anak terus meningkat tiap tahunnya, tidak terkecuali kanker darah atau Leukemia, seperti yang diidap putri semata wayang Denada, Shakira Aurum. 

Dari data Kementerian Kesahatan berupa Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 (Riskesdas) menunjukkan jumlah kasus (prevelensi) kanker anak umur 0-14 tahun sebesar sekitar 16.291 kasus.

Sementara jenis kanker yang paling banyak diderita anak di Indonesia yaitu Leukemia.

Bercermin dari kasus yang menimpa Denada, orangtua perlu mengetahui bahwa kanker pada anak memang cenderung sulit dideteksi. Anak maupun bayi belum bisa menceritakan gejala atau nyeri yang dialaminya.

Untuk itu peran orangtua sangat penting dalam mengenali tanda-tanda dan gejala kanker pada anak sehingga kemungkinan untuk penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi jauh lebih besar.

Penyakit Leukemia sendiri bisa terjadi karena multifaktor, yaitu genetik, zat kimia, virus, dan radiasi. Dikutip dari depkes.go.id, kanker dapat menyerang anak mulai dari usia bayi hingga usia 18 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala Leukemia pada Anak

Ada gejala-gejala yang sangat khas pada anak yang menderita kanker darah. Beriku gejala yang harus diwaspadai, seperti dikutip dari Bidanku.

1. Demam malam hariAnak sering mengalami demam bahkan hingga mengeluarkan keringat pada malam hari. Si kecil juga sering mengalami demam karena darah putih yang menurun sehingga penderita mudah infeksi.

2. PucatWajah anak seringkali mengalami pucat dan kelelahan. Hal ini terjadi karena menurunnya sel darah merah.

3. Mudah sakitAnak lebih mudah mengalami infeksi yang disebabkan sel darah putih yang menurun.

4. NyeriAnak lebih sering mengalami nyeri-nyeri pada bagian tulang yang disebabkan karena sel darah yang terkena leukemia masuk ke dalam selaput antara tulang dan juga otot.

5 Berat badan turun drastisAnak mengalami penurunan berat badan disertai dengann gangguan kesehatan yang lebih rentan terkena infeksi.

6. PembengkakanAnak mengalami pembengkakan pada bagian leher dan juga ketiak. Jika pada kelenjar getah bening terjadi pembengkakan harus segera diperiksakan ke dokter.Anak mengalami perut yang membesar dikarenakan limfa yang ada di bagian perut mengalami masalah.

Gejala yang khas pada anak yang mengalami leukemia adalah seringkali terjadi mimisan yang disertai dengan bintik-bintik merah yang terjadi pada bagian tubuh.

Hal ini dikarenakan terjadi pembengkakan limfa pada anak. Jangan tunda untuk memeriksakan anak ke dokter jika muncul gejala-gejala seperti di atas.

Sumber: Bidanku/ Depkes.go.id

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.