Sukses

5 Bahan Alami Ini Mampu Pudarkan Noda Hitam

Cara sederhana dan alami untuk memudarkan noda hitam di kulit. Mulai dari susu hingga air mawar.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran noda hitam atau sunspot di kulit bisa membuat percaya diri sebagian wanita runtuh. Noda hitam atau lentigines adalah bintik-bintik hitam yang timbul pada kulit akibat terpapar sinar UV berlebih yang berbahaya dari matahari.

Noda hitam yang timbul pada kulit dapat mengganggu penampilan Anda. Terlebih jika timbul di area yang terbuka, seperti pada wajah dan lengan. Tentu setiap wanita tidak menginginkan hal itu terjadi.

Melansir laman Boldsky, Senin (16/7/2018), terdapat beberapa bahan serta cara sederhana dan alami yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu memudarkan noda hitam.

1. Susu

Di dalam susu terkandung asam laktat yang berfungsi mencerahkan sunspot atau bintik hitam pada kulit.

Hal yang perlu disiapkan adalah susu dan kapas. Caranya, hangatkan susu yang telah disiapkan secukupnya. Lalu, celupkan kapas yang disediakan ke dalam susu hangat dan aplikasikan pada noda hitam. Diamkan semalam dan bilas esok harinya.

2. Lemon

Lemon adalah buah yang asam dan kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon memiliki fungsi untuk mencerahkan dan membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit.

Gunakan perasan buah lemon secukupnya, kemudian aplikasikan pada kulit yang terdapat sunspots. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menggosokan lemon tersebut pada area tersebut. Lakukan hal ini selama dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bawang Bombai

 

Bahan ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan noda hitam pada kulit. Hal itu karena terdapat kandungan sulfur dan vitamin C yang berperan aktif dalam mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Sebelum mengaplikasikan pada noda hitam, blender bawang bombay hingga berbentuk pasta dan campurkan dengan sedikit perasan lemon. Aplikasikan pada area tersebut dan biarkan hingga 20 menit, kemudian bilas.

4. Cuka Apel

Cuka apel diyakini bermanfaat membantu menghilangkan jerawat dan beruntusan. Cuka apel dapat membantu menyeimbangkan kadar pH kulit. Dengan begitu, cuka apel pun dapat digunakan untuk membantu memudarkan noda hitam pada kulit.

Cara yang dapat dilakukan sangat mudah, hanya dengan aplikasikan cuka apel tersebut dengan kapas pada area kulit yang bermasalah. Kemudian diamkan dan bilas setelah 20 menit. Perlu diingat bagi pemilik kulit sensitif, terkadang tidak cocok dengan cuka apel. 

 

 

3 dari 3 halaman

5. Baking Soda dan Air Mawar

Campuran kedua bahan yang mudah dicari ini dapat mencerahkan dan melembapkan kulit. Selain itu, bahan ini juga dapat bantu mengangkat kulit mati.

Kombinasikan air mawar, baking soda, dan sedikit madu pada mangkuk. Kemudian aplikasikan pada area kulit dengan noda hitam. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Bahan ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk menyamarkan noda hitam pada kulit. Hal itu karena terdapat kandungan sulfur dan vitamin C yang berperan aktif dalam mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

(Penulis: Jihan Khalda Fairuz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini