Sukses

7 Fakta Menarik Seputar Bibir

Ada fakta-fakta menarik seputar bibir yang bisa kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Bibir bukan hanya dimiliki oleh manusia, melainkan spesies hewan pun memilikinya. Hanya saja, mengutip Livescience, cuma manusia yang punya warna bibir berbeda dari warna kulit lainnya di wajah. Para ilmuwan menyebutnya "batas vermilion".

Selain fakta itu, ada fakta-fakta menarik lainnya seputar bibir yang bisa kamu ketahui. Simak beberapa diantaranya seperti mengutip laman Huffingtonpost, Senin (25/6/2018) berikut ini:

1. Tonjolan daging di tengah bibir atas itu punya sebutan

Pernah perhatikan bagian yang mencuat di tengah bibir atas? Ternyata ada beberapa sebutan untuk tonjolan tersebut, antara lain prochelion, tuberkel labial, atau tuberculum labii superioris.

2. Lebih tebal lebih baik

Dalam hal menarik perhatian lawan jenis, laman BBC melaporkan, wanita dengan bibir tebal lebih menarik. Tapi sebaliknya dengan wanita, mereka lebih menyukai pria dengan bibir sedang. Hal itu diungkap oleh seorang psikolog dari University of Louisville.

3. Tak berkeringat

Alasannya sederhana, bibir tak memiliki kelenjar keringat. Karena tak punya kelenjar keringat untuk menjaganya tetap lembap itulah yang membuat bibir mudah sekali kering dibandingkan bagian tubuh lainnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bibir bisa membantu memilih pasangan

4. Warna kemerahan itu karena aliran darah

Kulit pada bibir lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Kulit bibir hanya terdiri dari tiga hingga lima lapisan sel. Oleh karena kulitnya sangat tipis itulah mudah melihat pembuluh darah di bawahnya sehingga timbul efek warna kemerahan pada bibir.

5. Menipis seiring bertambahnya usia

Bentuk bibir sangat ditunjang oleh kolagen. Seiring dengan menuanya tubuh, produksi kolagen juga berkurang. Itu sebabnya bibir kehilangan bentuknya yang penuh, jelas dermatolog Dr D'Anne Kleinsmith. Paparan sinar matahari juga jadi faktor lain berubahnya bentuk bibir. "Salah satu cara menjaga keindahan bibir dan bentuknya yang penuh adalah melindunginya dari sinar matahari dengan lipstik atau lip balm bertabir surya," ujar Dr Kleinsmith.

6. Bisa menunjukkan seksualitas seseorang

Mungkin sulit dipercaya, tapi ada studi yang meneliti keterkaitan antara bibir wanita dan kemampuannya meraih orgasme. Psikolog Stuart Brody menemukan, wanita dengan tuberkel yang jelas lebih mungkin merasakan orgasme vaginal.

7. Membantu memilih pasangan hidup

Ciuman memiliki peranan penting dalam proses memilih pasangan. Dengan memadukan bibir atau berciuman, kedua individu akan bertukar informasi biologis melalui membaui feromon masing-masing. Wanita dipercaya lebih memilih aroma pria dengan sistem imun berbeda dari dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.