Sukses

Sontek Pola Makan Cristiano Ronaldo yang Bikin Dirinya Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta Selain latihan dan gaya hidup yang sehat, Cristiano Ronaldo memiliki pola makan yang cukup ketat. Terbukti kombinasi ini membuat dirinya terlihat sepuluh tahun lebih muda dari usia sesungguhnya.

Diketahui, sebelum seperti sekarang, Cristiano Ronaldo merupakan remaja Portugis yang kurus kering. Namun, pola latihannya membuatnya menjadi idola wanita di dunia dengan badannya yang bikin iri para pria.

Perubahan itu terjadi ketika Cristiano Ronaldo berumur 11 tahun. Dia mendengar komentar dari pelatihnya saat itu.

"Saya ingat pertama kali saya mendengar salah satu anak-anak berkata, 'Kamu lihat apa yang dia lakukan? Orang ini buas," kata Ronaldo seperti dikutip dari The Sun, Selasa (19/6/2018).

"Saya mulai mendengarnya sepanjang waktu, termasuk dari para pelatih. Namun, kemudian seseorang akan selalu bilang, 'ya tapi sayang sekali dia sangat kecil'. Itu benar, saya kurus, tidak punya otot. Jadi, saya membuat keputusan di umur 11 tahun. Saya putuskan untuk berlatih lebih keras daripada semua orang," ujar pemain kunci tim nasional Portugal itu.

"Saya mulai menyelinap keluar dari asrama pada malam hari untuk berlatih di luar. Saya menjadi lebih besar dan lebih cepat," ucapnya.

"Saya akan berjalan ke lapangan dan orang-orang yang dulu berbisik 'dia sangat kurus' sekarang melihat saya seperti itu akhir dunia," kata pemain Real Madrid itu.

 Saksikan juga video menarik berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidangan favorit

Latihan keras Ronaldo tentu juga tidak akan berhasil jika tidak diiringi pola makan yang ketat.

Kekasih Georgina Rodriguez ini bukanlah vegetarian. Namun, dia membatasi asupan daging karena lemaknya yang tinggi.

Ikan merupakan hal penting dari pola makannya. Favoritnya adalah Bacalao ala Brasa, campuran ikan kod rebus, bawang yang diiris tipis, kentang, dan telur orak arik.

"Saya diet dengan protein tinggi, konsumsi banyak karbohidrat dari biji-bijian utuh, buah, dan sayuran. Saya juga menghindari makanan dengan gula," ujar ayah empat anak tersebut.

"Saya terkadang makan hingga enam porsi kecil sehari untuk memastikan energi yang cukup untuk melakukan sesi berat," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Menghindari alkohol

Koki tim nasional Portugal, Luis Lavrador, mengatakan, "Ronaldo makan segala macam hidangan sebagai atlet yang bertanggung jawab. Yang paling dia sukai adalah ikan seperti bream kepala emas, ikan pedang, dan ikan bass."

Dalam akun Instagramnya, Ronaldo sesekali memberi petunjuk tentang makanan yang dikonsumsinya, seperti daging tanpa lemak, salad hijau, dan karbohidrat seperti kentang dan pasta untuk hari-hari pertandingan.

Ronaldo telah menghindari alkohol sejak 2005. Tidak hanya karena pengaruh buruk bagi kesehatannya, tapi juga karena sang ayah meninggal karena minuman keras ketika dirinya berusia 20 tahun.

Ibunya, Dolores Aveiro, merupakan hal yang penting dalam hidup sang bintang lapangan hijau itu. Dolores sering menghabiskan waktu di rumah besar sang putra di Madrid untuk memasak dan memastikan mereka makan sesuai dietnya yang ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.