Sukses

Puasa Momentum yang Tepat Ajarkan Anak Kendalikan Emosinya

Cukup mengikuti langkah-langkah ini agar anak mampu mengendalikan hasrat dan emosinya.

Liputan6.com, Jakarta Pada saat puasa Ramadan, anak jangan cuma diajarkan caranya menahan lapar dan haus. Ajarkan juga pada mereka, bagaimana cara mengendalikan emosi.

Pada anak yang lebih kecil, ajak dan libatkan kegiatan selama Ramadan. Seperti bangun sahur, menyiapkan makanan untuk berbuka, membaca Alquran bersama serta salat tarawih. Bisa juga mengikuti langkah-langkah untuk melatih si kecil mengendalikan hasrat dan emosinya.

Berikut caranya seperti dikutip dari Bebeclub pada Jumat, 18 Mei 2018. 

1. Alihkan perhatian

Saat anak mulai terpancing emosinya, misalnya berebut mainan dengan saudara atau temannya, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya ke hal yang lebih menarik, misalnya menonton tayangan TV, memutar musik, atau mengajaknya pindah ke ruangan lain.

Anak yang teralih perhatiannya biasanya akan cepat melupakan rasa marahnya dan kembali ceria.

2. Lontarkan lelucon

Anak kecil biasanya senang melihat hal-hal yang lucu. Ibu bisa, lebih kreatif dengan menunjukkan hal-hal yang memancing tawanya, misalnya memakai topi yang lucu atau melontarkan lelucon yang disukai si Kecil.

Intinya, buatlah ia tertawa dan melupakan kesedihan atau kemarahannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentuh Empati Anak

3. Sentuh empatinya

Saat bulan puasa, tak ada salahnya mengajak si kecil untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan amal, berbagi makanan dengan anak yatim, atau bersedekah.

Dengan membiasakan anak terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang membawa kebaikan, empatinya akan tersentuh sehingga ia akan lebih peka terhadap sesamanya.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.