Sukses

Orangtua, Ajarkan 3 Hal Ini pada Anak Perempuan

Pengasuhan yang baik akan menempa anak perempuan menjadi pribadi yang kuat, tak kalah dengan anak lelaki.

Liputan6.com, Jakarta Mengasuh anak perempuan tidak hanya untuk membuatnya menjadi sosok yang lembut dan perhatian, tapi juga kuat. Pengasuhan yang baik akan menempanya jadi pribadi yang kuat tak kalah dengan anak lelaki.

Berikut tiga hal yang perlu orangtua ajarkan pada anak perempuan, seperti melansir Very Well. 

Beri pujian bukan hanya dari penampilan

Pujian seperti "aduh, rambutnya bagus sekali!", "bajunya cantik banget" cenderung berorientasi fisik dan penampilan. Sebaiknya, orangtua sering melontarkan pujian yang berorientasi pada keterampilan dan prestasinya.

Misalnya saat dia berhasil mendapat nilai bagus di sekolah atau ketika menyisihkan uang jajannya untuk membantu orang tak mampu. Hal ini penting agar anak berpikir kalau penampilan fisik bukanlah segalanya.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biarkan Mereka Melakukan Aktivitas 'Laki-Laki'

Biarkan mereka melakukan aktivitas 'laki-laki'

Jangan larang jika anak perempuan senang bermain bola, memanjat, atau membantu ayahnya mencuci mobil atau menemani ke bengkel. Anak perempuan juga penting diajarkan pekerjaan yang identik dengan pekerjaan laki-laki.

Bukan hanya agar mereka memiliki keterampilan hidup yang mumpuni, melainkan juga memiliki banyak sudut pandang dan pengalaman.

Mengelola uang

Berbicara soal uang, anak perempuan mulai bisa diajarkan untuk mengelola uang ketika diberi uang jajan. Jika biasanya diberi uang jajan harian, cobalah memberinya dalam bentuk mingguan atau bulanan.

Dengan begitu, ia akan belajar mengelola agar uangnya cukup hingga akhir pekan atau akhir bulan. Keterampilan mengelola uang ini sangat dibutuhkan para anak perempuan agar nantinya mereka tidak boros dan bisa menghargai pekerjaan dan uang dengan baik.

 

 

Penulis: Mutia/dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.