Sukses

Setop 4 Kebiasaan Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak

Agar dapat tidur dengan nyenyak, hindari empat kebiasaan yang akan dibahas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, tidur nyenyak bagaikan teka-teki yang sulit untuk dipecahkan. Kesulitan mencapai kualitas tidur yang baik kerap menimbulkan banyak masalah bagi sebagian orang, bahkan sampai mengganggu fisik dan mental.

Dilansir dari Step to Health, Senin (16/4/2018), kesulitan untuk tidur nyenyak dapat dipicu oleh kebiasaan yang Anda lakukan sebelum tidur. Oleh sebab itu, berikut adalah empat kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari agar dapat tidur nyenyak.

1. Menggunakan perangkat elektronik di tempat tidur

Perangkat elektronik, seperti ponsel dan komputerdapat menstimulasi otak terlalu banyak. Jika memang Anda terpaksa harus menggunakan ponsel sebelum tidur, lakukanlah sambil berjalan di sektiar rumah. Hal ini akan membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak.

2. Tidur di depan televisi

Paparan gambar, warna dan suara dari televisi akan menstimulasi otak Anda. Tidur di depan televisi akan menimbulkan efek yang sama dengan penggunaan ponsel di tempat tidur Anda.

Oleh sebab itu, guna mengantisipasi hal ini, sebaiknya matikan televisi sebelum tidur. Biarkan diri Anda tidur nyenyak dalam keadaan tenang dan gelap.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengonsumsi beberapa jenis minuman penstimulasi

Beberapa minuman seperti kopi, teh dan coklat panas akan membuat Anda sulit untuk dapat tidur nyenyak. Hal ini karena minuman tersebut dapat menstimulasi otak dan tubuh, sehingga Anda akan tetap terjaga dan sulit untuk tidur nyenyak.

4. Melihat to-do list

Ketika hendak pergi tidur, sebagian orang akan melihat daftar pekerjaan yang akan dilakukan keesokan harinya. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hindari hal ini.

Melihat daftar pekerjaan dapat membuat Anda menjadi cemas dan hal ini membuat otak akan terus memikirkannya. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari hal ini jika tidak ingin terjaga sepanjang malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.