Sukses

Rahasia Umur Panjang Pria Tertua Sejagat, Masazo Nonaka

Menurut keluarga, mungkin kebiasaan berendam di mata air panas membuat Nonaka jadi pria tertua sejagat.

Liputan6.com, Jakarta PMasazo Nonaka dinobatkan sebagai pria tertua sejagat oleh Guineess World Recods. Selama hidupnya, pria 112 tahun ini gemar sekali bersantai dengan berendam di mata air panas. Menurut keluarga, mungkin kebiasaan tersebut yang membuatnya panjang umur. 

Pria tertua di dunia kelahiran 25 Juli asal Ashoro, Jepang ini sedari muda memang suka sekali berendam di mata air panas. Tak sulit baginya untuk menjalankan hobinya karena dia menjalankan bisnis penginapan dengan salah satu fasilitas mata air panas.

Penginapan 105 tahun itu kini dijalankan oleh cucunya yang bernama Yuko seperti mengutip Time, Jumat (13/4/2018).

Selain itu, dia juga suka gemar mengonsumsi makanan manis-manis seperti cake. Kesukaannya terhadap cake sempat terekam dalam sebuah tayangan di televisi publik NHK. "Lezat," katanya usai memasukkan sepotong kue ke mulutnya.

 

 

 

 

Walau sudah 100 tahun lebih, menurut anggota keluarga, Nonaka tidak ketergantungan dengan orang lain. Dia masih bisa menggerakkkan kursi roda yang didudukinya.

Di usia yang sudah senja, dia mengisi hari-harinya dengan membaca koran sesudah sarapan. Nanoko juga gemar menontong pertandingan sumo dan drama samurai di TV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang Jepang panjang umur

Nonaka adalah salah satu dari 67 ribu orang yang berusia lebih dari 100 tahun di Jepang. Di Negeri Sakura ini memang banyak orang-orang berusia tua. Data Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan menunjukkan rata-rata angka harapan hidup pada pria 80 tahun dan 87 untuk wanita.

Selain Nonaka, di Jepang ada juga Nabi Tajima wanita 117 tahun. Nampaknya Tajima yang bakal menjadi manusia paling tua di dunia menggantikan posisi Violet Moss-Brown dari Jamaika yang meninggal pada usia 117 September lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.