Sukses

10 Makanan Penurun Kolesterol yang Patut Dicoba

Untuk mereka yang memiliki tingkat kolesterol tinggi, 10 makanan sehat ini bisa bantu menangkalnya.

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol pasti terdapat di setiap sel tubuh manusia, baik itu kolesterol baik maupun jahat.  Ada yang namanya LDL (low-density lipoprotein atau Hkolesterol baik) dan HDL (high-density lipoprotein atau kolesterol jahat). 

Fungsi kolesterol sebenarnya mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Namun, jika jumlah LDL dalam darah tinggi, atau populer disebut hiperkolesterolemia, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung.

Untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda harus perbanyak konsumsi makanan berikut, dilansir dari Boldsky, Selasa (13/3/2018).

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Kacang kedelai

Mereka yang memiliki kolesterol tinggi disarankan untuk makan kedelai. Sebab kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang bagus untuk mengusir kolesterol jahat.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.

4. Jus jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk alami berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Sebab, jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid di dalamnya.

3 dari 4 halaman

5. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh. Buah hijau segar ini juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral lain yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

6. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3, disebut dengan EPA dan DHA, yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya dua porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Kacang almond

Kacang almond dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian mencatat, konsumsi kacang almond setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat 3 persen hingga 19 persen.

4 dari 4 halaman

8. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Menambahkan minyak zaitun dalam makanan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kolesterol.

10. Cokelat hitam

Makan cokelat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. Cokelat ini mengandung teobromina yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.