Sukses

Jangan Coba-Coba Diet Cinderella, Kalau Tak Mau Mati Kurus

Liputan6.com, Jakarta Pembahasan Cinderella Challenge atau diet Cinderella seminggu terakhir marak dibicarakan. Diet ini meminta orang yang mengikutinya menurunkan berat badan hinga kurus seperti gambaran tokoh Cinderella yang kurus dan punya lingkar perut kecil.

Untuk bisa mengikuti tantangan diet Cinderella, seseorang menghitung dahulu harus menurunkan berapa kilogram berat badan. Yakni mengkalikan tinggi badan dalam meter. Hasil yang didapat dikali 18.

Contohnya begini ada seorang perempuan dengan tinggi 1,51 m berat badan 47 kg. Berarti, 1,51 x 1,51= 2,2801 lalu dikali 18. Hasilnya adalah 41,04. Artinya perempuan itu harus menurunkan berat badan hingga di 41 kg.

 

 

Intinya adalah berat badan yang diinginkan dalam diet Cinderella ini masuk indeks massa tubuh kriteria kurus. Tentu saja para pakar nutrisi melarang hal ini.

"Ini bukan diet (pengaturan pola makan) tapi keinginan mencapai berat badan yang bisa mengganggu kesehatan. Kekurangaan berat badan sama buruknya dengan kelebihan berat badan," kata ahli nutrisi dari New York, Amerika Serikat, Gina Keatley mengutip Women's Health, Jumat (1/3/2018).

 

1 dari 3 halaman

Diet Cinderella Bahayakan Jantung

Ketika seseorang memiliki indeks massa tubuh di bawah 18, menekan kerja sistem kardiovaskular. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan bahan bakar, maka mulai 'memecah' otot.

"Jantung terbuat dari otot dan ketika berat badan rendah dengan diet yang membaut seseorang kelaparan bisa membuat jantung lemah," kata Keatley.

2 dari 3 halaman

Diet Cinderella Bikin Cepat Sakit

Seseorang yang kurus dan kekurangan energi, membuat dia jadi mengalmai penurunan imunitas tubuh. Sehingga dia jadi lebih sakit dan produksi hormon jadi tidak menentu.

"Ketika tubuh tidak cukup dalam memproduksi hormon estrogen bisa menyebabkan osteoporosis dan masalah reproduksi lain," kata ahli nutrisi Beth Warren.

Saat Anda lapar dalam jangka waktu yang lama, pasti suasana hati jadi tidak baik kan? Nah, itu juga bisa terjadi pada orang-orang yang menjalankan diet Cinderella karena bisa memengaruhi kesehatan mental dan emosional seperti disampaikan ahli nutrisi Jessica Cording.

Keatley pun menekankan bahwa konsep yang diusung diet Cinderella hanya makin mengkukuhkan bahwa kurus itu baik. Padahal tentu saja tidak. Apalagi sekarang konsep karakter putri-putri Disney tidak melulu kurus. Melainkan putri itu memiliki beragam ukuran tubuh dan warna kulit serta menekankan konsep cantik yang sesungguhnya yakni gigih, berani, sopan, dan mandiri.

Artikel Selanjutnya
Ingin Panjang Umur Seperti Ratu Elizabeth? Ini Rahasianya
Artikel Selanjutnya
3 Aturan Main dari Ahli Gizi agar Program Diet Lebih Sempurna