Sukses

Usai Makan Daging Babi, Cacing Pita Pemakan Otak Muncul di Mata Sam

Setelah mengonsumsi daging babi matang saat liburan Natal, cacing pita parasit pemakan otak muncul di mata Sam.

Liputan6.com, Florida, Amerika Serikat Sam Cordero asal Florida, Amerika Serikat, baru-baru ini menjalani pengangkatan cacing pita parasit pemakan otak (brain-eating parasitic pork worm) dari matanya. Jika tidak segera dikeluarkan, cacing pita akan membuatnya buta.

Awalnya, Sam mengira dirinya melihat sesuatu yang tampak bergaris-garis hitam bergerak dari kiri ke kanan di bola matanya. Akhirnya, ia menyadari garis hitam itu cacing pita, yang tengah membuat sarang di mata kirinya.

Merck Manual of Diagnosis and Therapy melaporkan, infeksi cacing pita yang dialami Sam.

"Taenia solium (taeniasis) adalah infeksi cacing pita dewasa akibat konsumsi daging babi yang terkontaminasi," tulis dalam laporan tersebut, sesuai dilansir dari International Business Times, Kamis (15/2/2018).

Cacing pita masuk ke dalam tubuh manusia saat seseorang mengonsumsi daging babi mentah atau manusia bersentuhan dengan feses yang terkontaminasi. Cacing pita jarang masuk ke aliran darah manusia, lalu bersarang di otak atau bola mata seseorang.

Namun, dalam kasus Sam, cacing pita bersarang di bagian vitreous mata, yang merupakan area di mata yang penuh cairan di belakang kornea mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cacing pita memakan otak

Don Perez dari Tampa General Hospital mengungkapkan, cacing pita pemakan otak yang masuk ke mata Sam melalui pembuluh darah.

"Cacing pita itu masuk ke mata lewat pembuluh darah arteri juga vena," ungkap Perez.

Ia menambahkan, dampak buruk paling menakutkan dari infeksi cacing pita di mata berpotensi merusak otak. Jika cacing itu sampai ke otak, maka cacing pita akan memakan otak sampai ke sistem saraf pusat.

Otak akan mulai menyerupai keju Swiss (otak menjadi penuh lubang atau bolong-bolong).

"Jika cacing pita sudah berada di otak, maka pasien akan mengalami kejang," lanjut Perez.

3 dari 3 halaman

Makan daging babi matang

Adanya cacing pita pemakan otak membuat Sam terkejut.

"Aku menduga, cacing pita itu berasal dari daging babi matang yang kami pesan sekitar liburan Natal. Aku yakin, munculnya dari daging babi matang yang aku makan itu," ucap Sam.

Sam harus menyingkirkan cacing pita sebelum matanya buta. Operasi untuk menghilangkan cacing dari mata Sam dilakukan dengan cukup sulit.

Saat dokter mengeluarkan cacing pita sepanjang 0,3 cm dari mata Sam. Cacing pita itu ternyata akan membuahi puluhan ribu telur.

Jika cacing pita hidup lebih lama dan melepaskan larva ke mata Sam. Beberapa larva cacing akan menemukan jalan menuju otak Sam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.