Sukses

Manfaatkan Kulit Pisang untuk Hilangkan Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Kulit pisang lebih dari sekadar limbah. Meskipun kita biasanya membuangnya setelah memakan buahnya, kulit pisang merupakan sumber nutrisi penting dan bisa memberi kita banyak manfaat.

Serat yang tinggi, anti oksidan dan mineral esensial membuat kulit pisang memiliki manfaat kembali. Dan meski kadang terlewatkan, kulit pisang adalah obat alami yang dapat membantu meredakan berbagai gejala dan penyakit.

Selanjutnya, simak delapan cara menarik untuk memanfaatkan kulit pisang, seperti dilansir Step to Health, Kamis (11/1/2017):

1. Melawan sembelit

Meski pisang mengandung banyak serat, penting untuk diingat bahwa sebagian besar serat terkonsentrasi di kulit pisang.

Mengonsumsinya mendorong gerakan usus dan membantu proses pencernaan untuk menghindari sembelit. Tambahkan saja ke smoothies

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 8 halaman

Hilangkan kutil

Bagian putih di bagian dalam kulit pisang mengandung serat, antioksidan, dan zat asam yang membantu mengatur tingkat pH kulit dan membantu menghilangkan kutil yang tidak sedap dipandang.

Taruh kulit pisang di atas kutil dan kencangkan dengan perekat. Biarkan kulit pisang bekerja sepanjang malam dan ulangi ini setiap hari sampai kutil itu hilang.

2 dari 8 halaman

Meringankan gigitan serangga

Karena sifat anti-inflamasinya, ramuan alami ini bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi gejala gigitan serangga.

Aplikasikan kulit pisang langsung di area gigitan nyamuk untuk mengurangi gatal dan kemerahan.

3 dari 8 halaman

Mengurangi retensi cairan

Kalium yang terkandung dalam kulit pisang bermanfaat untuk memulihkan keseimbangan inflamasi tubuh dan pada akhirnya mengurangi retensi cairan dalam jaringan tubuh.

Penyerapannya di dalam tubuh mengatur kadar elektrolit dan mengurangi peradangan pada otot dan persendian. Minum 2 atau 3 gelas teh kulit pisang per hari.

4 dari 8 halaman

Menyehatkan jantung

Meski sulit dipercaya, bagian dari pisang yang biasa Anda buang ini sebenarnya adalah obat yang ampuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular yang baik.

Serat alaminya dapat menurunkan penyerapan kolesterol dan, jika itu tidak cukup, potasium dan fosfornya membantu mengatur tekanan darah. Minum teh yang terbuat dari kulit pisang minimal 3 kali seminggu.

5 dari 8 halaman

Kurangi jerawat

Asam organik yang terkonsentrasi di kulit pisang membantu mengatur pH kulit dan mengurangi munculnya jerawat dan komedo.

Mereka menghilangkan sebum berlebih yang terbentuk di pori-pori dan, karena efek anti-inflamasinya, mengurangi bintik-bintik bekas jerawat.

Ambil kulit pisang dan gosok bagian dalam putih di atas daerah yang terkena.Biarkan selama 15 menit kemudian bilas. Ulangi ini setiap hari.

6 dari 8 halaman

Meringankan memar

Jika Anda baru saja mengalami pukulan dan mengalami memar di kulit, aplikasi kulit pisang bisa membantu.

Kulit pisang dapat membantu memperbaiki sirkulasi ke daerah yang terkena, memungkinkan oksigenasi seluler memperbaiki jaringan yang rusak.

Gosok kulit pisang pada memar dan biarkan bekerja tanpa pembilasan.

7 dari 8 halaman

Redakan sakit kepala

Biasanya kita meredakan sakit kepala dengan penggunaan obat analgesik. Namun, jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa memanfaatkan khasiat kulit pisang untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Mineral utamanya, selain serat dan anti oksidan, memperbaiki sirkulasi dan mengurangi stres oksidatif yang berhubungan dengan sakit kepala.

Siapkan teh kulit pisang dan minumlah 2 atau 3 kali sehari.Sebagai pilihan, letakkan semua bagian kulit putih di dahi dan bagian belakang leher Anda, dan biarkan selama 15 menit.

Cobalah untuk menggunakan kulit pisang segar untuk mendapatkan manfaatnya.

Artikel Selanjutnya
Trik Cerahkan Area Kulit Leher yang Menggelap
Artikel Selanjutnya
Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan yang Belum Diketahui